Implementasi Projects Based Learning Pada Pokok Bahasan Titik Berat di Kelas XI SMA

Ismarjiati, Nanik and Ishafit, Ishafit (2019) Implementasi Projects Based Learning Pada Pokok Bahasan Titik Berat di Kelas XI SMA. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
44. Implementasi Projects Based Learning Pada Pokok Bahasan Titik Berat di Kelas XI SMA.pdf - Published Version

Download (241kB)
[thumbnail of Cek Similarity] Text (Cek Similarity)
44. ased_Learning_Pada_Pokok_Bahasan_Titik_Berat_di_Kelas_XI_SMA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam Pokok Bahasan Titik Berat di kelas XI SMA, siswa banyak mengalami kesulitan untuk mengkonkretkan pemahaman konsep fisis dalam menghitung koordinat titik berat apalagi untuk bangun geometris yang letak titik beratnya di luar benda menjadi abstrak bagi siswa. Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dengan media layang-layang dipilih karena mencakup pencapaian kompetensi kognitif, ketrampilan, dan aktivitas peserta didik secara kreatif dalam menghasilkan produk sederhana, meneliti, menganaisis hasil karyanya, sehingga diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Pembahasan berlandaskan pada Teori perkembangan kognitif Piaget dengan Model PBL, dan formulasi untuk menentukan koordinat Titik berat Z0 (X0 ; Y0) benda serta menunjukkan Ciri-ciri Kemampuan Berpikir Kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode desain Eksperimen dengan cara Kuantitatif Eksperimen Semu ( Quasi Eksperimen ), melalui Uji Statistik Metode Univariate dan Metode Analyzing Change/Gain Score untuk menentukan pemahaman siswa bidang kognitif dan menentukan signifikansinya, dan penilaian ketrampilan berpikir kritis menggunakan lembar Penilaian Ketrampilan yaitu Penilaian Produk dan Penilaian Penugasan. Penilaian kognitif dilakukan oleh guru sedang Penilaian berpikir kritis dilakukan oleh guru dan teman sebaya. Hasil dari penelitian ini pemahaman konsep naik signifikan sebesar 44,08% pada kategori Cukup dan ketrampilan berpikir kritis meningkat 60% pada peringkat Sangat Kritis.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika)
Depositing User: Ishafit Ishafit
Date Deposited: 14 Sep 2024 01:30
Last Modified: 14 Sep 2024 01:30
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/70385

Actions (login required)

View Item View Item