Pengembangan Model Pembelajaran Adaptive Blended Learning untuk Berbagai Jenis Gaya Belajar Siswa Menengah Atas pada Pokok Bahasan Listrik Statis

Rimbawati, Nuri and Muchlas, M (2015) Pengembangan Model Pembelajaran Adaptive Blended Learning untuk Berbagai Jenis Gaya Belajar Siswa Menengah Atas pada Pokok Bahasan Listrik Statis. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1 (2). pp. 1-6. ISSN 2461-0933

[thumbnail of 2015-muchlas-JPPPF-UNJ-adaptive-blended-learning-COVER-article.pdf]
Preview
Text
2015-muchlas-JPPPF-UNJ-adaptive-blended-learning-COVER-article.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

Pelajaran fisika saat ini telah banyak diberikan dengan menggunakan model dan media
pembelajaran online yang variatif. Namun, dari berbagai model pembelajaran tersebut masih
jarang yang memperhatikan gaya belajar siswa. Akibatnya, pembelajaran menjadi kurang
maksimal dan kurang memotivasi siswa. Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat
telah memberikan peluang yang besar bagi pengembangan model pembelajaran online yang
memiliki sifat adaptif terhadap gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan menghasilkan
model pembelajaran blended learning, yakni penggabungan antara model pembelajaran online
dan pembelajaran face to face, yang adaptif sesuai gaya belajar siswa yang mengikutinya.
Produk ini divalidasi oleh ahli yang terdiri atas: ahli media, dan ahli pembelajaran fisika. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan, menurut para ahli
memiliki validasi dalam kategori baik sehingga layak digunakan dalam pembelajaran fisika.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S2-Masters in Physics Education (S2-Pendidikan Fisika)
Depositing User: Dr. Muchlas , M.T.
Date Deposited: 08 Sep 2017 02:28
Last Modified: 08 Sep 2017 02:28
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/7164

Actions (login required)

View Item View Item