Fatmawati, Dyas and Salamah, Zuchrotus (2015) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERISTIWA ALAM SISWA KELAS V A SD NEGERI PRAMBANAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi. ISSN -
Preview |
Text
Dyas Fatmawati-edit.pdf Download (394kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Prambanan pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A SD Negeri Prambanan tahun ajaran
2014/2015, yang berjumlah 25 anak yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, pada setiap siklus mencakup kegiatan : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian dilihat dari peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dari segi aktivitas maupun hasil belajar siswa. Pada pra tindakan, skor aktivitas siswa diperoleh adalah 199, pada siklus I skor aktivitas mencapai 227, dan meningkat pada siklus II hingga mencapai 351. Sedangkan untuk hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata siswa adalah 64, 4, setelah dilaksanakan tindakan, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 79, 36, dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 87, 52. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Prambanan pada pembelajaran IPA.
Kata kunci : Aktivitas, Hasil Belajar IPA, Metode Eksperimen
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Prodi PGSD |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 01:00 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 01:00 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/7304 |
Actions (login required)
View Item |