PRATAMA HADI, GILANG (2024) Pengembangan modul pembelajaran fisika dengan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan aplikasi Physics At School pada materi fluida. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700007002_JUDUL__240725103930.pdf Download (596kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700007002_BAB_I__240725103930.pdf Download (25kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700007002_BAB_II__240725103930.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700007002_BAB_III__240725103930.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700007002_BAB_IV__240725103930.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700007002_BAB_V__240725103930.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700007002_DAFTAR_PUSTAKA__240725103930.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1700007002_LAMPIRAN__240725103930.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran fisika yang
digunakan pada proses pembelajaran. Pada proses pembelajaran diperlukan media
pembelajaran yang mendukung dan memudahkan peserta didik khususnya pada saat
pembelajaran fisika. Pada penelitian ini mengembangkan media pembelajaran fisika pada
materi fluida menggunakan aplikasi Physics At School. Tujuan dari penelitian ini yaitu
(1) Untuk mengembangkan modul pembelajaran; (2) Untuk mengetahui tingkat
kelayakan modul sebagai sumber belajar.
Jenis penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
Evaluation). Teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara dan lembar
penilaian. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Kriteria keberhasilan dalam pembelajaran dilihat dari nilai hasil kelayakan produk dan
respon peserta didik.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penilaian dari ahli media
mendapatkan hasil 93% dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian dari ahli materi 1
mendapatkan hasil 70% dengan kategori “Layak”. Penilaian ahli materi 2 mendapatkan
hasil 82% dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian dari pengguna guru 1 mendapatkan
hasil 98% dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian dari pengguna guru 2 mendapatkan
hasil 98% dengan kategori “Sangat Layak”. Dari seluruh penilaian tersebut
pengembangan modul imi dikategorikan “Sangat Layak” sehingga Pengembangan modul
pembelajaran fisika dengan aplikasi physich at school dengan metode Problem based
learning pada materi fluida untuk peserta didik SMA kelas XI layak digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Modul pembelajaran, PBL, physics at school, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 04:28 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 04:28 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75643 |
Actions (login required)
View Item |