Nur Fadilah, Amanda (2024) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematika kelas IV MIM 01 Sambong Banjarnegara. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005162_JUDUL__240728101257.pdf Download (770kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005162_BAB_I__240724111617.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005162_BAB_II__240724111617.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005162_BAB_III__240724111617.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005162_BAB_IV__240724111617.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005162_BAB_V__240724111617.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005162_DAFTAR_PUSTAKA__240724111617.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005162_LAMPIRAN__240724111617.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005162_NASKAH_PUBLIKASI__240724111617.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) | Request a copy |
Abstract
Berpikir kritis merupakan kemampuan yang penting dimiliki oleh peserta didik untuk mengetahui berbagai hal, serta menemukan informasi yang relevan dan berusaha untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam melalui usahanya sendiri. Akan tetapi kemampuan berpikir kritis peserta didik disebagian lembaga pendidikan di Indonesia masih dikategorikan rendah. Permasalahan yang ditemukan pada kurangnya kemampuan dan keterampilan berpikir kritis disebabkan oleh guru yang belum mampu mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik, guru masih menggunakan model pembelajaran yang bersifat konvensional seperti hanya memanfaatkan metode ceramah saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematika kelas IV MIM 01 Sambong Banjarnegara.
Desain penelitian ini adalah kuantitatif quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan melibatkan 21 peserta kelas eksperimen dan 21 peserta didik kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi dan soal tes. Analisis data menggunakan statistic deskriptif dan statistic inferensial. Penelitian dilakukan sebanyak empat kali pertemuan yaitu dua kali pembelajaran dengan pemberian perlakuan. Hasil penelitian menunjukan sebelum diberikannya perlakuan pembelajaran problem based learning memperoleh rata-rata 42,5 – 62,5. Setelah perlakuan menjadi 60 – 83,75. Presentase peserta didik memperoleh 83,75 sebanyak 23,8 % . Dengan hasil tersebut peserta didik memperoleh peningkatan yang cukup signifikan dengan rata rata nilai peserta didik 60 ≤ sampai < 83,75, dengan presentase 76,1 %. Sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai diatas 83,75 sebanyak 23,8%. Hal ini membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematika.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Model pembelajaran problem based learning, berpikir kritis, matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 03:42 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 03:42 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75682 |
Actions (login required)
View Item |