Alfarabi, Alfarabi (2024) Analisis pengembangan kurikulum AIK di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (studi analisis RPS Islam dan ilmu pengetahuan). S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2007052021_JUDUL__240729111525.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
T2_2007052021_BAB_I__240727030222.pdf Download (103kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2007052021_BAB_II__240727030222.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2007052021_BAB_III__240727030222.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2007052021_BAB_IV__240727030222.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2007052021_BAB_V__240727030222.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2007052021_DAFTAR_PUSTAKA__240727030222.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T2_2007052021_NASKAH_PUBLIKASI__240727025127.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang didasari bahwa pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) menjadi ciri khas pendidikan yang ada di Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). Melalui Majelis Dikti PP Muhammadiyah, diterbitkan buku Pedoman AIK untuk seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Buku ini bersifat tuntunan kurikulum dan inti-inti pikiran yang dapat digunakan sebagai referensi umum dan diberikan keleluasaan untuk melakukan improvisasi terhadap buku tersebut dalam program pengayaannya. Di dalam AIK IV Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, memiliki keunikan di antaranya dengan melakukan improvisasi dalam terminologi penamaan AIK IV, yang biasanya dinamakan Islam dan Ilmu Pengetahuan menjadi Islam Interdisipliner. Dari hal ini, penelitian dilakukan apakah perbedaan dari sisi terminologi tidak berdampak kepada konten materi atau sebaliknya, memiliki dampak hingga ke dalam sistematika isinya.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis dokumen berupa kurikulum dan RPS AIK IV Universitas Ahmad Dahlan sebagai sumber utama serta dokumen terkait dengan pengembangan teori RPS dan silabi AIK IV Buku Pedoman AIK Majelis Dikti PP Muhammadiyah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Program AIK yang ditawarkan oleh universitas terbagi menjadi dua kategori, yaitu mata kuliah institusional dan non-institusional. Memiliki bentuk beragam dengan buku pedoman AIK Dikti di antaranya; terminologi nama AIK, sistematika konten materi serta pengembangan materi yang disesuaikan dengan bidang studi. Dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang nilai-nilai Islam yang terintegrasi dengan pendidikan Islam yang berbasis Al-Qur'an dan Sunnah, serta implikasi nilai-nilai Ketuhanan dan kemanusiaan. 2) Berdasarkan analisis terhadap berbagai aspek yang terdapat dalam RPS AIK IV Universitas Ahmad Dahlan, terdapat beberapa temuan; mencantumkan sebagian besar unsur yang ditetapkan oleh Permendikbud namun; terdapat variasi dalam format RPS seperti penambahan pengesahan dokumen. Adapun analisis antara RPS dan Pedoman Pendidikan AIK PP Muhammadiyah, terdapat beberapa perbedaan antara RPS dan silabi dalam penjabaran rincian materi mata kuliah Islam Interdisipliner di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Islam interdisipliner, kurikulum, rps |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 04:21 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 04:21 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75685 |
Actions (login required)
View Item |