Analisis penguatan pendidikan karakter islami siswa berbasis profil pelajar pancasila di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta

Ledia, Shinta (2024) Analisis penguatan pendidikan karakter islami siswa berbasis profil pelajar pancasila di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2242052077_JUDUL__240813072610.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2242052077_BAB_I__240811011405.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2242052077_BAB_II__240811011405.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2242052077_BAB_III__240811011405.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2242052077_BAB_IV__240811011405.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2242052077_BAB_V__240811011405.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
T2_2242052077_BAB_VI__240811011405.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4B) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2242052077_DAFTAR_PUSTAKA__240811011405.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu usaha perbaikan kualitas pendidikan adalah munculnya gagasan
mengenai pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan di Indonesia.
Kebijakan Pendidikan nasional saat ini menekankan Pendidikan karakter yang
dibungkus dalam profil pelajar Pancasila. Sedangkan disisi lain terdapat karakter
islami yang merupakan bagian dari salah satu tanggung jawab Pendidikan,
khususnya di SMP Muhamamdiyah 10 Yogyakarta. Oleh karena itu, diperlukan
penguatan Pendidikan karakter islami siswa berbasis profil pelajar Pancasila.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi pendidikan karakter
islami siswa sebelum adanya profil pelajar pancasila dan menganalisis penguatan
karakter islami siswa berbasis profil pelajar pancasila di SMP Muhammadiyah 10
Yogyakarta.
Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan
jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitia ini menggunakan dua
sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Triangulasi data
dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data miles and hubarman
yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi karakter islami siswa di SMP
Muhamamdiyah 10 Yogyakarta sudah berjalan dengan baik, akan tetapi karena
siswa memiliki latar belakang karakter yang berbeda-beda sehingga belum
mencapai hasil yang maksimal. Penguatan Pendidikan karakter islami siswa di SMP
Muhammadiyah 10 Yogyakarta sejalan dengan proyek profil pelajar Pancasila
adalah dengan tema yang pertama yaitu Sampah membawa berkah dalam tema ini
terdapat nilai karakter islami yaitu menjaga lingkungan, Peduli kepada sesama,
tolong menolong, dan bekerja sama. Tema yang kedua yaitu penyuluhan kekerasan
dan bullying dalam tema ini terdapat nilai karakter islami yaitu Mewujudkan rasa
kasih sayang, rasa peduli, dan persatuan, menjaga kerukunan, dan cinta damai.
Tema yang ketiga yaitu membangun jiwa kewirausahaan dalam tema ini terdapat
nilai karakter islami yaitu Menjaga lingkungan, berbagi/bersedekah, tolong
menolong, dan peduli kepada sesama. Tema yang terakhir adalah bhineka Tunggal
ika dalam tema ini terdapat nilai karakter islami yaitu Mewujudkan rasa kasih
sayang, rasa peduli, dan persatuan, menjaga kerukunan, dan cinta damai. Dalam
setiap tema yang diambil ini dilaksanakan setiap satu bulan sekali pada akhir bulan.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: Pendidikan karakter islami, profil pelajar pancasila, SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:05
Last Modified: 02 Oct 2024 02:05
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75733

Actions (login required)

View Item View Item