Pengembangan modul pembelajaran mawaris berbasis Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Wates

Ata Gusman, Burhanudin (2024) Pengembangan modul pembelajaran mawaris berbasis Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Wates. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2242052070_JUDUL__240813104214.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2242052070_BAB_I__240813104214.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2242052070_BAB_II__240813104214.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2242052070_BAB_III__240813104214.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2242052070_BAB_IV__240813104214.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2242052070_BAB_V__240813104214.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2242052070_DAFTAR_PUSTAKA__240813104214.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T2_2242052070_LAMPIRAN__240813104214.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam pelajaran fikih khususnya materi mawaris. Permasalahannya meliputi kesulitan dalam memahami bagian-bagian ahli waris, kesulitan dalam menghitung harta waris. Hal tersebut menimbulkan beberapa sebab yaitu kurangnya motivasi siswa dalam belajar mawaris, rendahnya hasil belajar siswa, serta penggunaan modul pembelajaran yang masih kurang. Hal ini penting untuk dicegah agar mampu meningkatkan semangat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis efektivitas modul pembelajaran berbasis contextual teaching and learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan yang disebut sebagai Research and Development (RnD), dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Proses pengembangan produk merujuk pada sepuluh tahapan dari Sugiyono. Berbagai teknik pengumpulan data digunakan salah satunya observasi, wawancara, dokumentasi, engket, dan tes. Analisis data kuantitatif media menggunakan skala likert yang kemudian dianalisis berdasarkan proporsi, sedangkan analisis data kualitatif melibatkan analisis deskriptif. Efektivitas penggunaan modul pembelajaran mawaris dievaluasi dengan uji normalitas dan uji paired sample test menggunakan perangkat lunak statistik SPSS 26.

Hasil penelitian yang pertama berupa pengembangan modul pembelajaran mawaris berbasis contextual teaching and learning berdasarkan teori dan prinsip-prisnsip pembelajaran yang digunakan untuk belajar materi mawaris dengan meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Hal ini juga didukung dengan penilaian rata-rata dari ahli media sebesar 86% dan dari ahli materi sebesar 85% yang menandakan bahwa modul sangat layak digunakan. Pada ahli yang menilai media adalah dosen dan para ahli di bidang pendidikan. Hasil kedua yaitu efektivitas penggunaan modul didapatkan dari hasil pretest dan postest. Uji paired sample test diperoleh bahwa sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 menunjukan ada perbedaan sebelum dan sedudah menggunakan modul mawaris, hasilnya signifikan dari kemampuan siswa terkait hasil belajar yang meningkat dalam pembelajaran mawaris berbasis contextual teaching and learning.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: Modul pembelajaran mawaris, contextual teaching and learning, kesulitan belajar, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 03 Oct 2024 09:10
Last Modified: 03 Oct 2024 09:10
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75793

Actions (login required)

View Item View Item