Titi Nurani, Arum (2024) Kepemimpinan guru dalam mengembangkan karakter religius di SD Muhammadiyah Macanan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005276_JUDUL__240815102208.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005276_BAB_I__240815091358.pdf Download (173kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005276_BAB_II__240815091358.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005276_BAB_III__240815091358.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005276_BAB_IV__240815091358.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005276_BAB_V__240815091358.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005276_DAFTAR_PUSTAKA__240815091358.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005276_LAMPIRAN__240815091358.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005276_NASKAH_PUBLIKASI__240815091621.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) | Request a copy |
Abstract
Guru memiliki strategi dalam mengembangkan karakter religius peserta didik melalui kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, dan kepemimpinan. Salah satu dari lima kompetensi tersebut yaitu kompetensi kepemimpinan, dapat membantu mengembangkan karakter religius peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepemimpinan guru dalam mengembangkan karakter religius serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan guru dalam mengembangkan karakter religius di SD Muhammadiyah Macanan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, guru, dan peserta didik di SD Muhammadiyah Macanan. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan guru dalam pengembangan karakter religius di SD Muhammadiyah Macanan terdiri dari tiga aspek, yaitu aspek pribadi, tim, dan organisasi. Kepemimpinan guru aspek pribadi dilakukan dengan kemampuan membimbing, menggerakkan, memberi pengaruh, dan berkomunikasi. Kepemimpinan guru aspek tim dilakukan dengan diskusi dan pemberian umpan balik, meningkatkan mutu pembelajaran, melatih karakter religius, kegiatan mentoring, serta pengamatan karakter religius peserta didik. Kepemimpinan guru aspek organisasi terdiri dari peran guru dalam mendukung kebijakan dan program sekolah, mendukung kepemimpinan kepala sekolah (administrasi kepala sekolah), dan upaya mempertahankan keberlanjutan sekolah. Terdapat faktor pendukung yang meliputi partisipasi peserta didik, lingkungan, serta sarana dan prasarana yang memadai. Kemudian terdapat pula faktor penghambat dari kepemimpinan guru dalam mengembangkan karakter religius di SD Muhammadiyah Macanan yang meliputi kurangnya kesadaran peserta didik, latar belakang peserta didik, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Karakter religius, kepemimpinan guru, organisasi, pribadi, SD Muhammadiyah Macanan, tim. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 09:16 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 09:16 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75798 |
Actions (login required)
View Item |