Kepemimpinan guru dalam mengembangkan karakter religius di SD Muhammadiyah Macanan

Titi Nurani, Arum (2024) Kepemimpinan guru dalam mengembangkan karakter religius di SD Muhammadiyah Macanan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005276_JUDUL__240815102208.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005276_BAB_I__240815091358.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005276_BAB_II__240815091358.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005276_BAB_III__240815091358.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005276_BAB_IV__240815091358.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005276_BAB_V__240815091358.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005276_DAFTAR_PUSTAKA__240815091358.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005276_LAMPIRAN__240815091358.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005276_NASKAH_PUBLIKASI__240815091621.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy

Abstract

Guru memiliki strategi dalam mengembangkan karakter religius peserta didik melalui kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, dan kepemimpinan. Salah satu dari lima kompetensi tersebut yaitu kompetensi kepemimpinan, dapat membantu mengembangkan karakter religius peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepemimpinan guru dalam mengembangkan karakter religius serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan guru dalam mengembangkan karakter religius di SD Muhammadiyah Macanan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, guru, dan peserta didik di SD Muhammadiyah Macanan. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan guru dalam pengembangan karakter religius di SD Muhammadiyah Macanan terdiri dari tiga aspek, yaitu aspek pribadi, tim, dan organisasi. Kepemimpinan guru aspek pribadi dilakukan dengan kemampuan membimbing, menggerakkan, memberi pengaruh, dan berkomunikasi. Kepemimpinan guru aspek tim dilakukan dengan diskusi dan pemberian umpan balik, meningkatkan mutu pembelajaran, melatih karakter religius, kegiatan mentoring, serta pengamatan karakter religius peserta didik. Kepemimpinan guru aspek organisasi terdiri dari peran guru dalam mendukung kebijakan dan program sekolah, mendukung kepemimpinan kepala sekolah (administrasi kepala sekolah), dan upaya mempertahankan keberlanjutan sekolah. Terdapat faktor pendukung yang meliputi partisipasi peserta didik, lingkungan, serta sarana dan prasarana yang memadai. Kemudian terdapat pula faktor penghambat dari kepemimpinan guru dalam mengembangkan karakter religius di SD Muhammadiyah Macanan yang meliputi kurangnya kesadaran peserta didik, latar belakang peserta didik, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Karakter religius, kepemimpinan guru, organisasi, pribadi, SD Muhammadiyah Macanan, tim.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 03 Oct 2024 09:16
Last Modified: 03 Oct 2024 09:16
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75798

Actions (login required)

View Item View Item