Azkiah Nafissah, Nur (2024) Implementasi program Market Day dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship peserta didik di SD Muh Kutowinangun Kebumen. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005294_JUDUL__240824103533.pdf Download (863kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005294_BAB_I__240824103533.pdf Download (243kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005294_BAB_II__240824103533.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005294_BAB_III__240824103533.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005294_BAB_IV__240824103533.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005294_BAB_V__240824103534.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005294_DAFTAR_PUSTAKA__240824103534.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005294_LAMPIRAN__240824103534.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005294_NASKAH_PUBLIKASI__240824103534.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya SDM yang mengajarkan karakter entrepreneurship sejak dini. Sehingga perlu adanya penguatan nilai karakter melalui pembelajaran dan program-program di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan nilai karakter melalui program market day, menemukan nilai karakter, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat nilai karakter melalui program market day di SD Muhammadiyah Kutowinangun Kebumen.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis menggunakan model Miles dan Huberman, sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan tri angulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penanaman nilai-nilai entrepreneurship khususnya nilai kemandirian dan nilai komunikatif efektif dapat ditanamkan melalui program market day. Implementasi penananaman nilai-nilai entrepreneurship melalui program market day berjalan dengan baik. Implementasi market day secara signifikan dapat meningkatkan jiwa entrepreneurhsip siswa. Siswa menjadi lebih mandiri dan lebih komunikatif. Dalam implementasinya, siswa kelas atas cenderung lebih mandiri dan lebih komunikatif, hal tersebut karena siswa kelas atas sudah melakukan kegiatan market day lebih lama sehingga tertanam jiwa entrepreneurship mandiri dan komunikatif dalam dirinya. Nilai kemandirian siswa juga meningkat, terlihat dari kemampuan mereka dalam mengambil keputusan dan menyelesaikan tugas secara mandiri. Nilai komunikatif siswa pun mengalami peningkatan yang tercermin dari kemampuan mereka dalam berkomunikasi dengan pelanggan dan bernegosiasi dalam situasi jual beli.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Entrepreneurship, market day, nilai kemandirian, nilai komunikatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 09:23 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 09:23 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75804 |
Actions (login required)
View Item |