Alfiyah, Ghina (2024) Keefektifan layanan konseling individual dengan teknik kontrak perilaku untuk mereduksi perilaku bullying pada siswa SMPN 14 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000001145_JUDUL__240816115733.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000001145_BAB_I__240816115733.pdf Download (92kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000001145_BAB_II__240816115733.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000001145_BAB_III__240816115733.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000001145_BAB_IV__240816115733.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000001145_BAB_V__240816115733.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001145_DAFTAR_PUSTAKA__240816115733.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000001145_LAMPIRAN__240816115733.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Perilaku bullying masih ditemui di sekolah dan hal itu menjadi salah satu pemicu masalah kesehatan mental bagi remaja karena berkaitan erat dengan perilaku kekerasan maupun tindakan verbal yang dianggap hanya bercanda saja. Perilaku bullying ini mudah sekali ditiru oleh siswa lain jika salah satu dari siswa sudah ada yang melakukan. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan konseling individual teknik kontrak perilaku dalam mereduksi perilaku bullying pada siswa SMPN 14 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah desain subjek tunggal, lebih khusus lagi desain A-B-A. subjek penelitian ini satu orang siswa kelas VII di SMPN 14 Yogyakarta. Subjek penelitian ditentukan melalui teknik purposive sampling, yaitu siswa yang menunjukkan perilaku bullying dengan skor tertinggi berdasarkan hasil pengisian skala perilaku bullying. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa skala perilaku bullying dan observasi perilaku bullying. Analisis data yang digunakan yaitu analisis visual grafik, baik analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor (mean level) perilaku bullying dari fase baseline A1 sebesar 15,3, pada fase intervensi B sebesar 13,2, dan pada fase baseline A2 sebesar 6,6. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perilaku bullying sebelum diberikan layanan konseling individual teknik kontrak perilaku berada kategori tinggi dan setelah diberikan layanan konseling individual teknik kontrak perilaku, perilaku bullying siswa berada pada kategori rendah. Oleh karenanya, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling individual teknik kontrak perilaku efektif untuk mereduksi perilaku bullying. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi guru bimbingan dan konseling dalam mereduksi perilaku bullying dengan layanan konseling individual teknik kontrak perilaku.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Perilaku bullying, konseling individual, teknik kontrak perilaku |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 09:20 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 09:20 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75807 |
Actions (login required)
View Item |