ARINDA NOVIYANI, SALSABILA (2023) Pengembangan media pembelajaran media berbasis Solo Podcast sebagai suplemen pembelajaran pada materi pemanasan global kelas X. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700007036_JUDUL__230605114716.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700007036_BAB_I__230603100330.pdf Download (88kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700007036_BAB_II__230603100330.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700007036_BAB_III__230603100330.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700007036_BAB_IV__230603100330.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700007036_BAB_V__230603100330.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700007036_DAFTAR_PUSTAKA__230603100330.pdf Download (344kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran audio berbasis solo podcast sebagai suplemen pembelajaran pada materi pemanasan global. Protokol kesehatan yang diberlakukan, dalam hal penanganan pandemi Covid-19, membuat proses pembelajaran tatap muka menjadi tidak memungkinkan, sehingga pembelajaran jarak jauh menjadi suatu keharusan. Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran yang lebih fleksibel dan dapat dipelajari siswa kapanpun dan dalam kondisi apapun diperlukan. Salah satunya adalah menggunakan media pembelajaran berbasis audio, yaitu Podcast. Namun, media pembelajaran berbasis audio masih belum banyak dikembangkan, terutama untuk mata pelajaran seperti fisika.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada prosedur sederhana yang dicetuskan oleh Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh langkah. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas X SMA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket validasi ahli materi, ahli media, dan angket respon peserta didik. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penilaian oleh ahli materi, ahli media, dan respon peserta didik menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk disajikan sebagai media pembelajaran. Penilaian dari ahli materi memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 83,59% dengan kategori baik. Penilaian dari ahli media memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 83,8% dengan kategori baik. Dan memperoleh respon peserta didik sebesar 85,58% dengan kategori sangat baik. Dalam kesimpulannya, media pembelajaran audio berbasis solo podcast pada materi pembelajaran pemanasan global dapat dijadikan sebagai media pembelajaran alternatif yang lebih fleksibel dan layak digunakan dalam pembelajaran jarak jauh.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media pembelajaran, podcast, pemanasan global |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 01:11 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 01:11 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76216 |
Actions (login required)
View Item |