Pengembangan E-Modul bimbingan belajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam layanan bimbingan dan konseling di SMK Muhammadiyah Yogyakarta

LESTARI, ASRI (2023) Pengembangan E-Modul bimbingan belajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam layanan bimbingan dan konseling di SMK Muhammadiyah Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800001073_JUDUL__230906023634.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800001073_BAB_I__230906023634.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800001073_BAB_II__230906023634.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800001073_BAB_III__230906023634.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800001073_BAB_IV__230906023634.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800001073_BAB_V__230906023634.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001073_DAFTAR_PUSTAKA__230906023634.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy

Abstract

Prestasi belajar merupakan aspek yang sangat penting dalam menempuh masa pembelajaran atau pendidikan. Guru BK memiliki peran penting dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan peneliti dengan guru BK bahwasannya prestasi belajar siswa masih dikatakan cukup rendah, kurangnya semangat belajar siswa disebabkan karena faktor gaya belajar yang diberikan kepada siswa kurang menarik dan tidak ada media yang mendukung siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya sehingga sebagian siswa merasa bosan dan tidak tertarik dengan materi yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan e-modul prestasi belajar kepada siswa untuk meningkatkan prestasi belajar.
Metode penelitian ini menggunakan R&D (Research and Develpment). Metode penelitian pengembangan digunakan untuk meneliti yang nantinya akan menghasilkan suatu produk baru dan menguji keefektifan produk yang dikembangkan. Pada penelitian ini tahap pengembangan hanya sampai tahap ke 6 yaitu uji coba produk. Produk yang telah dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini diberikan penilaian dan masukan oleh para ahli yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli layanan dengan menggunakan lembar penilaian ahli. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen skala. Pengembangan e-modul ini sesuai isi materi buku terdahulu yang sudah ada dan di kembangkan sesuai kebutuhan siswa di sekolah.
Hasil penilaian e-modul di lakukan sosialisasi pada siswa di sekolah dan ahli layanan. Kemudian dilanjutkan dengan penilaian dan masukan dar i ahli materi, ahli media, dan ahli layanan. Hasil penilaian ahli materi mendapatkan nilai 75, dengan kategori baik. Penilaian ahli media mendapatkan nilai 87, dengan kategori sangat baik. Penilaian ahli layanan mendapatkan nilai rata-rata 82, dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut maka E-Modul Prestasi Belajar ini dinyatakan sangat layak dan efektif untuk digunakan sebagai alat bantu dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling pada siswa khususnya pada layanan bimbingan kelompok. Adapun kontribusi E-Modul Prestasi Belajar dalam layanan bimbingan dan konseling adalah membantu guru BK untuk menjadikan acuan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling agar lebih variatif untuk menangani masalah khususnya masalah prestasi belajar pada siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: E-Modul, prestasi belajar, bimbingan kelompok
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 10 Oct 2024 01:34
Last Modified: 10 Oct 2024 01:34
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76245

Actions (login required)

View Item View Item