Pengembangan gamifikasi berbasis website pada teks persuasi bagi siswa SMP kelas VIII

Syukuriyah Rahmawati, Teni (2023) Pengembangan gamifikasi berbasis website pada teks persuasi bagi siswa SMP kelas VIII. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900003039_JUDUL__231022095723.pdf

Download (898kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900003039_BAB_I__231022095723.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900003039_BAB_II__231022095723.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900003039_BAB_III__231022095723.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900003039_BAB_IV__231022095723.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900003039_BAB_V__231022095724.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900003039_DAFTAR_PUSTAKA__231022095724.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900003039_LAMPIRAN__231022095724.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900003039_NASKAH_PUBLIKASI__231022095900.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya kebutuhan media pembelajaran
berbantuan gamifikasi berbasis website khususnya pada materi teks persuasi bagi peserta
didik kelas VIII. Tujuan dari penelitian ini yakni (1) mendeskripsikan pengembangan
gamifikasi di dalam website pembelajaran teks persuasi, (2) mendeskripsikan kelayakan
gamifikasi di dalam website pembelajaran teks persuasi, (3) menguji efektifitas media
pembelajaran gamifikasi berbasis website di dalam pembelajaran teks persuasi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D),
dengan prosedur pengembangan yakni model pengembangan ADDIE (Analysisi, Design,
Development, Implementation, and Evaluation). Subjek uji coba produk yang dituju peserta
didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Manisrenggo. Uji coba produk juga dilakukan validasi
oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pengajaran. Pengumpulan data yang digunakan pada
penelitian ini yakni wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan yakni analisis data deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif dengan
test uji-t guna mengukur keefektifan produk.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Produk yang dikembangkan berupa
gamifikasi berbasis website pada materi teks persuasi bagi siswa SMP kelas VIII. (2)
Terkait media pembelajaran gamifikasi berbasis website termasuk ke dalam kriteria
“Sangat Layak” melalui penilaian yang dilakukan oleh para ahli, dilihat skor rata-rata nilai
dari ahli media berjumlah 100, ahli materi berjumlah 85,3, dan ahli pengajaran berjumlah
99,2. Maka nilai rata-rata yang diperoleh yakni 94,8. (3) Melalui hasil pengolahan data
dapat diketahui bahwa pembelajaran kelas kontrol dengan menggunakan PPT
mendapatkan hasil uji t 8.712, sedangkan pembelajaran menggunakan produk gamifikasi
yang dikembangkan mendapatkan nilai t dengan jumlah 16.897 dan pada sig. (2tailed) ≤
0,05 maka artiya data tersebut dikatakan bahwa kategori eksperimen memiliki dampak
yang lebih besar daripada kelas kontrol atau memiliki perubahan yang signifikan.
Berdasarkan hasil tersebut, produk gamifikasi yang dikembangkan dikatakan efektif.
Pengembangan gamifikasi berbasis website pada materi teks persuasi bagi siswa SMP
kelas VIII ini diharapkan menjadi sebuah inovasi bagi guru dalam menyampaikan materi
dan menjadi pengalaman belajar baru bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Media pembelajaran, gamifikasi, website, dan teks persuasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 12 Oct 2024 03:05
Last Modified: 12 Oct 2024 03:05
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76343

Actions (login required)

View Item View Item