Dita Anggraini, Febry (2023) Pengembangan e-modul berbasis Problem Based Learning pada materi lingkaran siswa SMP kelas VIII. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900006084_JUDUL__230623125211.pdf Download (652kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900006084_BAB_I__230623125211.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900006084_BAB_II__230623125211.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900006084_BAB_III__230623125211.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900006084_BAB_IV__230623125211.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900006084_BAB_V__230623125212.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006084_DAFTAR_PUSTAKA__230623125212.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900006084_LAMPIRAN__230623125212.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut manusia untuk terus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan yang dimilikinya. Permasalahan yang diperoleh berdasarkan hasil observasi pra penelitian di sekolah yaitu peserta didik diizinkan menggunakan smartphone ketika pembelajaran berlangsung. Akan tetapi pemanfaatannya masih kurang maksimal untuk pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik lebih sering menggunakan buku paket dan LKPD yang hanya berisi tulisan dan gambar, sehingga bahan ajar yang digunakan kurang bervariasi. Oleh karena itu, perlu adanya media pembelajaran yang inovatif untuk peserta didik. Dengan adanya pengembangan e-modul ini, diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk e-modul berbasis Problem Based learning pada materi lingkaran kelas VIII di SMP Negeri 1 Banguntapan yang valid dan praktis.
Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan juga angket untuk ahli materi, ahli media, dan respon peserta didik. Desain uji coba dalam penelitian ini menggunakan desain studi kasus satu tembakan (one-shot case study). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Banguntapan dimana uji coba kelas kecil berjumlah 10 peserta didik dan uji coba kelas besar berjumlah 32 peserta didik. Kedua uji coba ini dilakukan dengan peserta didik kelas VIII A.
Produk yang dihasilkan berupa e-modul berbasis Problem Based Learning pada materi lingkaran. E-modul tersebut berisi materi, video pembelajaran, contoh soal, dan latihan soal yang memadukan aplikasi wordwall sehingga peserta didik dapat langsung mengerjakan dan diperoleh hasilnya. E-modul dapat diakses menggunakan link atau kode QR. Berdasarkan hasil akumulasi, didapatkan hasil rata-rata dari ahli materi sebesar 4.26 dengan kriteria sangat valid dan hasil rata-rata dari ahli media sebesar 4.16 dengan kriteria valid. Kepraktisan dari akumulasi skor respon peserta didik untuk kelas kecil didapatkan hasil rata-rata sebesar 4.6 dengan kriteria sangat praktis dan kelas besar didapatkan hasil rata-rata 4.38 dengan kriteria sangat praktis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | ADDIE, e-modul, problem based learning, lingkaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 01:37 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 01:37 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76436 |
Actions (login required)
View Item |