Puspitajati Adikusuma, Melati (2023) Pengetahuan, sikap, dan persepsi tentang pendidikan seks pada pendidik anak usia dini di Kabupaten Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900002012_JUDUL__230824064704.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900002012_BAB_I__230824095533.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900002012_BAB_II__230824095533.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900002012_BAB_III__230824095533.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900002012_BAB_IV__230824095533.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900002012_BAB_V__230824095533.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900002012_DAFTAR_PUSTAKA__230824095533.pdf Download (2MB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900002012_LAMPIRAN__230824095533.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kasus kekerasan seksual terhadap anak beberapa tahun ini sering terjadi di Indonesia.
Kasus kekerasan yang menimpa anak khususnya anak usia dini salah satunya disebabkan karena
kurangnya pemberian pendidikan seks pada anak usia dini. Pemahaman tentang pengetahuan dan
kesediaan para pendidik diperlukan untuk mengupayakan pencegahan terjadinya kekerasan
seksual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa tingkat pengetahuan, sikap, dan persepsi
pendidik terhadap pendidikan seks anak usia dini di Kabupaten Bantul.
Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian cross – sectional.
Populasi penelitian sejumlah 1.495 guru TK. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster
Random Sampling dengan sampel sejumlah 93 guru TK untuk memenuhi derajat kepercayaan 90�ngan margin of error sebesar 10%. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner penelitian
Pengetahuan oleh Lakshita (2019) yang dikembangkan dari teori Boyke (2013), Sikap oleh
Lakshita (2019) yang dikembangkan dari teori Azwar (1995), dan Persepsi oleh Felicia dan Pandia
(2017) yang dikembangkan dari Teori Health – Belief (2008). Teknik analisis data yaitu analisis
deskriptif kuantitatif dengan menjabarkan atau menjawab rumusan masalah dari hasil penelitian
yang diperoleh secara deskriptif.
Hasil menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan guru TK tergolong cukup sebesar 60%,
sikap guru TK yang tidak mendukung sebesar 67%, dan persepsi guru TK yang cenderung netral
karena sebagian besar guru sudah meyakini bahwa anak usia dini rentan mengalami kekerasan
seksual dan berdampak serius. Menurut guru pendidikan seks penting dan memberikan manfaat
yaitu menjaga dan mencegah tindak kekerasan seksual pada anak, namun guru merasakan ada
hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pendidikan seks terkait pemahaman guru, norma
lingkungan dan rasa tabu yang dirasakan guru. Hasil analisis Bivariat dengan uji Chi Square
menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara sikap dengan lama mengajar guru (pvalue=
0.039) dan ada perbedaan yang signifikan antara sikap dengan status sertifikasi guru (pvalue=
0.035. Disimpulkan bahwa perlu adanya pembentukkan sikap dan persepsi guru terkait
pendidikan seks anak usia dini , yaitu dengan membangun komunikasi yang baik antara guru dan
orang tua agar membentuk pemahaman dan kepercayaan yang sama serta tidak menganggap lagi
pendidikan seksual tabu atau mengarah pada pornografi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kekerasan seksual , pendidikan seks anak usia dini, pengetahuan, sikap, persepsi, guru TK |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 04:14 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 04:14 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76492 |
Actions (login required)
View Item |