Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint menggunakan model PBL pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan capaian hasil belajar dan minat belajar peserta didik kelas 7 Wustha Munawwir Al-Ikhlas

Retno Wulan, Wawuk (2024) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint menggunakan model PBL pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan capaian hasil belajar dan minat belajar peserta didik kelas 7 Wustha Munawwir Al-Ikhlas. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2108041015_JUDUL__240322081522.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2108041015_BAB_I__240322081522.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2108041015_BAB_II__240322075507.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2108041015_BAB_III__240322075507.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2108041015_BAB_IV__240322075507.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2108041015_BAB_V__240322075507.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2108041015_DAFTAR_PUSTAKA__240322075507.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T2_2108041015_LAMPIRAN__240322081523.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada masa sekarang yaitu abad ke-21, dituntut kreatif dan inovatif, meningkatkan penggunaan teknologi dan menyesuaikannya dengan proses pembelajaran. Perkembangan kebutuhan teknologi dalam pembelajaran menghasilkan berbagai jenis media pembelajaran, salah satunya adalah media PowerPoint Interaktif. PowerPoint Interaktif merupakan PowerPoint yang dalam penggunaanya mengaktifkan fitur tambahan seperti hyperlink serta menyediakan fitur yang berisikan teks, grafik, gambar dan animasi. Melalui pengembangan dan implementasi ini tujuan penelitian ini adalah untuk (a). Mendeskripsikan kelayakan produk PowerPoint interaktif dan (b). mengungkapkan efektivitas implementasi media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik kelas 7 Wustha Munawir Al Ikhlas Jl. Demak Pelepat Ilir Bungo Jambi.
Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development dengan model pengembangan (ADDIE) Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Media yang dikembangkan menggunakan aplikasi PowerPoint. Subjek penelitian ini siswa kelas 7 Wustha/MTS Munawwir Al-Ikhlas. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar dan angket. Analisis hipotesis dengan menggunakan uji multivariat dengan bantuan SPSS.
Kelayakan dan keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan diketahui dari hasil analisis angket oleh ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil analisis angket yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa media yang digunakan layak untuk digunakan. Hasil analisis peningkatan hasil belajar dengan menggunakan uji univariat dengan Tests Of Between-Subjects Effects dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H_1 diterima. Terdapat pengaruh peningkatan hasil dengan menggunakan media pembelajaran. Begitu juga dengan minat belajar peserta didik yang mengalami peningkatan, dengan hasil nilai sig. (2-tailed) 0,000< 0,05 maka H_1 diterima. Dalam hal ini minat dan capaian hasil belajar, peserta didik mengalami peningkatan dengan gain score secara berturut-turut 59,07% dan 58,2% serta dibuktikan pula hasil perhitungan effect size untuk minat belajar dan capaian hasil belajar peserta didik secara berturut-turut sebesar 0,93 dan 0,76 dalam kategori tinggi. Hal ini berarti implementasi media pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk peningkatan minat dan capaian hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: PowerPoint interactive, suhu, kalor, problem based learning, hasil belajar, minat belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 17 Oct 2024 08:15
Last Modified: 17 Oct 2024 08:15
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76567

Actions (login required)

View Item View Item