Pengembangan Modul Fisika menggunakan Model PBL untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif dan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Suhu dan Kalor

Putri Probowati, Yhonis and Dwi, Sulisworo (2016) Pengembangan Modul Fisika menggunakan Model PBL untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif dan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Suhu dan Kalor. In: Seminar Nasional Quantum 2016.

[thumbnail of 56-261-1-PBQuantum2.pdf]
Preview
Text
56-261-1-PBQuantum2.pdf

Download (883kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Modul Fisika menggunakan Model PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif dan partisipasi siswa dalam pembelajaran suhu dan kalor. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Validasi materi dilakukan oleh dosen dan guru fisika menggunakan angket. Kelayakan modul yang dihasilkan dinilai berdasarkan hasil uji kelayakan dari ahli materi, ahli media, dan pengguna. Uji coba dilakukan di sekolah menengah kejuruan. Secara berturut-turut tingkat kelayakan menurut ahli materi, ahli media, dan pengguna adalah sebesar 80,00%, 80,00%, dan 87,50%, yang ketiganya termasuk pada kategori sangat baik. Pemanfaatan Modul ini diharapkan dapat mengoptimalkan pemahaman materi pelajaran melalui pembelajaran berbasis masalah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Prof. Dr Dwi Sulisworo
Date Deposited: 12 Oct 2017 04:59
Last Modified: 12 Oct 2017 04:59
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/7663

Actions (login required)

View Item View Item