Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik setelah Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)

Ermayanti, Ermayanti and Dwi, Sulisworo (2016) Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik setelah Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). In: Seminar Nasional Quantum 2016, Yogyakarta.

[thumbnail of 73-296-1-PBQuantum4.pdf]
Preview
Text
73-296-1-PBQuantum4.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berfikir kritis adalah hal yang sangat penting dalam capaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan model STAD (student team achievement divisions). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X di SMA Taman Madya Jetis, Yogyakarta pada materi Hukum Newton. Kemampuan berpikir kritis peserta didik dikumpulkan dengan memberikan soal essay.Selain itu dalam penelitian ini juga dilihat tingkat kepuasan pembelajaran dengan model ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis pada berbagai indikator adalah sebagai berikut: memberi penjelasan sederhana (93,33 atau sangat tinggi), membangun keterampilan dasar (96,67 atau sangat tinggi), menyimpulkan hasil (87,67 atau sangat tinggi), menerapkan strategi dan teknik (76,76 atau tinggi), dan memberi penjelasan lebih lanjut (63,67 atau sedang). Sedangkan untuk respon kepuasan pembelajaran, peserta didik cenderung menyatakan setuju dengan penggunaan model pembelajaran tersebut (75.92%).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Prof. Dr Dwi Sulisworo
Date Deposited: 12 Oct 2017 04:58
Last Modified: 12 Oct 2017 04:58
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/7665

Actions (login required)

View Item View Item