Arifin, Syamsul (2024) Voters education bagi pemilih pemula perspektif pendidikan Islam ( studi kasus di Kabupaten Pacitan). S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2008052033_JUDUL__240827103945.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB I)
T2_2008052033_BAB_I__240827103945.pdf Download (153kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2008052033_BAB_II__240827103946.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2008052033_BAB_III__240827103946.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2008052033_BAB_IV__240827103946.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2008052033_BAB_V__240827103946.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2008052033_DAFTAR_PUSTAKA__240827103946.pdf Download (233kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2008052033_LAMPIRAN__240827103946.pdf Restricted to Registered users only Download (3kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T2_2008052033_NASKAH_PUBLIKASI__240827103946.pdf Download (210kB) |
Abstract
Pemilu adalah pilar utama demokrasi yang memerlukan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat, termasuk Generasi Z (lahir 1997-2012). Generasi Z sering kali kurang terlibat dalam pemilu karena minimnya pendidikan politik yang memadai dan metode sosialisasi yang efektif. Perspektif Islam menawarkan prinsip-prinsip keadilan, transparansi, dan partisipasi aktif yang dapat diterapkan dalam sistem pemilu di Indonesia untuk meningkatkan keterlibatan politik pemilih muda. Pendidikan pemilih pemula yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam penting untuk membekali generasi muda dengan pengetahuan politik dan kesadaran yang diperlukan untuk berpartisipasi aktif dalam demokrasi. Edukasi Islam yang efektif, menggunakan media sosial dan konten kreatif, dapat meningkatkan partisipasi Generasi Z dalam pemilu, memastikan masa depan demokrasi Indonesia yang lebih baik. Penelitian ini mengeksplorasi cara meningkatkan partisipasi pemilih pemula melalui pendekatan yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam dan metode edukasi inovatif.
Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif untuk menjelaskan sistem Pemilu di Indonesia dan pendidikan pemilih dalam perspektif pendidikan Islam. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan Ketua KPU Kabupaten Pacitan , Anggota KPU Kabupaten Pacitan, dan Anggota Bawaslu Kabupaten Pacitan, serta dokumentasi dan observasi langsung. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai pelaksanaan Pemilu dan pendidikan pemilih
Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem pemilu di Indonesia dalam perspektif Islam menekankan keadilan, transparansi, dan partisipasi aktif, dengan prinsip syura, amanah, dan adil yang relevan. Pendidikan pemilih dalam perspektif Islam bertujuan membangun kesadaran politik berdasarkan nilai-nilai keagamaan, mendorong partisipasi aktif dan bertanggung jawab, serta memastikan inklusivitas dan kesempatan yang sama bagi semua pemilih pemula. Edukasi Islam yang kreatif dan efektif, seperti melalui video edukatif, meningkatkan partisipasi pemilih pemula, membentuk kesadaran politik tinggi, dan berkontribusi positif dalam pembangunan bangsa
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Voters education, pemilih pemula, pendidikan islam, pemulu, Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 03:03 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 03:03 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76757 |
Actions (login required)
View Item |