Efektifitas layanan konseling kelompok teknik restrukturisasi kognitif untuk mereduksi kecemasan akademik siswa di SMA Negeri 1 Bantul

Pringga Yudha, Tara (2023) Efektifitas layanan konseling kelompok teknik restrukturisasi kognitif untuk mereduksi kecemasan akademik siswa di SMA Negeri 1 Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900001040_JUDUL__230810023847.pdf

Download (724kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900001040_BAB_I__230810023847.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900001040_BAB_II__230810023847.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900001040_BAB_III__230810023847.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900001040_BAB_IV__230810023847.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900001040_BAB_V__230810023847.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001040_DAFTAR_PUSTAKA__230810023847.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900001040_LAMPIRAN__230810023847.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900001040_NASKAH_PUBLIKASI__230810023847.pdf

Download (313kB)

Abstract

Kecemasan akademik merupakan permasalahan mengenai perasaan takut dan tegang dalam kegiatan akademik disekolah. Kecemasan akademik yang dialami siswa SMA negeri 1 Bantul merupakan permasalahan penting yang harus segera ditangani. Penelitian ini dilakukan, berdasarkan wawancara dengan guru bimbingan dan konseling SMA Negeri 1 Bantul diperoleh hasil bahwa masalah kecemasan akademik ini dialami oleh siswa kelas X dengan latar belakang masalah yang beragam. Permasalahan kecemasan akademik ini mempengaruhi kondisi fisik dan psikis siswa, mengganggu konsentrasi belajar serta mempengaruhi prestasi akademik di sekolah. Maka dari itu, untuk menangani permasalahan tersebut perlu diterapkan layanan bimbingan dan konseling disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas layanan konseling kelompok teknik restrukturisasi kognitif untuk mereduksi kecemasan akademik siswa di SMA Negeri 1 Bantul.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan pre-eksperimental design dengan model one-group pretest-posttest design. Peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Subjek penelitian ini adalah kelas X di SMA Negeri 1 Bantul serta menggunakan sampel sebanyak lima subjek. Pengujian validitas dalam penelitian ini menggunakan construct validity dengan bantuan SPSS 26 dan Microsoft Excel. Pengujian reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data dikumpulkan dalam bentuk statistik. Sebelum melakukan uji hipotesis, peneliti melakukan uji persyaratan analisis Shapiro wilk dengan hasil pretest dan posttest kecemasan akademik siswa masing-masing sebesar 0,814 dan 0,146 > α = 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa skor pretest dan posttest kecemasan akademik siswa berdistribusi normal sehingga uji hipotesis yang digunakan adalah uji t sampel berpasangan atau uji hipotesis Paired Samples t-test untuk menganalisis data.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil Uji Hipotesis Paired Samples t-test didapat nilai t hitung = 4.745 > 2.570 (t tabel) pada tingkat signifikansi (α) + 5%. Selain itu, dapat dilihat dari hasil Sig.(2-tailed) sebesar 0,009 < α (0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan adanya penurunan yang signifikan Kecemasan Akademik Siswa setelah diberikan Layanan Konseling Kelompok Teknik Restrukturisasi Kognitif Di SMA Negeri 1 Bantul. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa teknik restrukturisasi kognitif pada layanan konseling kelompok efektif dalam mereduksi kecemasan akademik siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kecemasan akademik, konseling kelompok, restrukturisasi kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 21 Oct 2024 06:49
Last Modified: 21 Oct 2024 06:49
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76788

Actions (login required)

View Item View Item