Nurhadani, Thias (2023) Strategi guru dalam menghadapi kesulitan belajar matematika kelas III di SD Muhammadiyah Domban 2 Tempel. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700005177_JUDUL__230624113450.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700005177_BAB_I__230624113450.pdf Download (338kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700005177_BAB_II__230624113450.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700005177_BAB_III__230624113450.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700005177_BAB_IV__230624113450.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700005177_BAB_V__230624113450.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700005177_DAFTAR_PUSTAKA__230624113450.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1700005177_LAMPIRAN__230624113450.pdf Restricted to Registered users only Download (998kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1700005177_NASKAH_PUBLIKASI__230624113450.pdf Restricted to Registered users only Download (787kB) | Request a copy |
Abstract
Kesulitan belajar merupakan suatu hambatan yang sering kali terjadi pada anak usia sekolah dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Salah satu kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa adalah dalam mata pelajaran matematika. Matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang susah untuk dipelajari. Siswa masih beranggapan bahwa matematika sulit untuk dipelajari karena kurangnya motivasi peserta didik untuk belajar. Untuk itu tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika di SD Muhammadiyah Domban 2 Tempel dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran Matematika.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis analisis data, menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian ini strategi pembelajaran guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika di kelas III SD Muhammadiyah Domban 2 Tempel pertama ketika sebelum pembelajaran berlangsung guru dapat memastikan kesiapan siswa, melakukan pengulasan kembali materi yang sudah diajarkan sebelumnya. Kedua penggunaan media pembelajaran seperti alat peraga instruksional dan mengaitkan pada kehidupan sehari-hari. Ketiga menggunakan model pembelajaran dengan kerja kelompok. Keempat pemberian jam tambahan sesudah pulang sekolah. Kelima memberikan remidial bagi siswa yang nilainya kurang bagus. Keenam pemberian motivasi pada siswa yang akan memberikan manfaat dalam proses belajar mengajar. Faktor pendukung pembelajaran yaitu faktor lingkungan yang meliputi fasilitas sekolah dan adanya bimbingan orang tua dalam belajar. Faktor penghambat seperti rendahnya minat pada pelajaran matematika dan pendampingan tiap keluarga berbeda-beda untuk membantu ketika ada kesulitan belajar matematika.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kesulitan belajar, matematika, strategi pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 03:09 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 03:09 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76843 |
Actions (login required)
View Item |