Yanto Wibowo, Andhi (2023) Implementasi Augmented Reality untuk pengenalan huruf dan angka isyarat untuk anak SLB B. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800018348_JUDUL__230313064536.pdf Download (841kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800018348_BAB_I__230313064536.pdf Download (211kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800018348_BAB_II__230313064536.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800018348_BAB_III__230313064536.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800018348_BAB_IV__230313064536.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800018348_BAB_V__230313064536.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800018348_DAFTAR_PUSTAKA__230313064536.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1800018348_LAMPIRAN__230313064536.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Komunikasi adalah kegiatan yang dibutuhkan dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, dalam komunikasi terdapat pertukaran atau penyampaian infromasi dan pesan dari pihak satu kepada pihak lain agar saling mengerti di antara keduanya. komunikasi biasanya dilakukan secara lisan atau verbal agar dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. anak berkebutuhan khusus, tunarungu dalam berkomunikasi mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dan memahami pesan, sehingga perlu menggunakan bahasa yang sesuai dengan kebutuhannya. Oleh karena itu penggunaan media untuk meningkatkan kemampuan anak yang mengalami kelainan pendengaran harus dibantu menggunakan media yang dapat membantu anak belajar Bahasa isyarat dengan cara menarik perhatian siswa dan meningkatkan minat belajar.
Pada menelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle yang memiliki enam tahapan. Tahapan tersebut adalah consept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Penelitian ini memanfaatkan teknologi Marker Augmented Reality dengan membangun Media atau Alat untuk merepresentasikan pengenalan Sistem Bahasa isyarat (SIBI).
Penelitian ini menghasilkan sebuah Aplikasi Augmented Reality yang dapat digunakan pada smartphone Android. Aplikasi ini sebagai Media atau Alat bantu siswa untuk belajar pengenalan huruf dan angka dalam bahasa isyarat. Berdasarkan hasil pengujian black box semua fungsi pada aplikasi ini elah berjalan dengan baik dan valid. Pengujian dengan System Usability Scale (SUS) didapat skor yaitu 85 maka aplikasi dinyatakan ACCEPTABLE. Pengujian ahli media mendapatakn skor 91 dengan presentase 91% dan dapat dikategorikan sangat tinggi sehingga layak untuk digunakan. Pengujian ahli materi mendapatkan skor 85% dan didapaat dikategorikan sangat tinggi sehingga layak digunakan dengan revisi sesuai saran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Augmented reality, media pembelajaran, mdlc, tunarunggu |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 02:43 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 02:43 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76849 |
Actions (login required)
View Item |