Nugraheni, Etik (2023) Kesalahan berbahasa bidang ejaan pada karangan siswa dan kaitannya dengan bahan ajar teks deskripsi kelas VII SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800003050_JUDUL__230624113036.pdf Download (603kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800003050_BAB_I__230623013959.pdf Download (190kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800003050_BAB_II__230623013959.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800003050_BAB_III__230623013959.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800003050_BAB_IV__230623013959.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800003050_BAB_V__230623013959.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800003050_DAFTAR_PUSTAKA__230623013959.pdf Download (176kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800003050_LAMPIRAN__230623013959.pdf Restricted to Registered users only Download (830kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800003050_NASKAH_PUBLIKASI__230623013959.pdf Download (172kB) |
Abstract
Kesalahan ejaan sering ditemukan hingga saat ini adalah penulisan pada kata hubung, penggunaan huruf kapital, dan penggunaan tanda titik dan koma. Pada dasarnya kesalahan ini bukan karena tipografi namun melainkan semata-mata karena kurangnya memperdalam pengetahuan ejaan Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesalahan berbahasa bidang ejaan pada karangan siswa, (2) Mendeskripsikan keterkaitan kesalahan berbahasa bidang ejaan dengan bahan ajar teks deskripsi kelas VII SMP. Jenis penelitian ini menggunakan deksripstif kualitatif. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan simak bebas libat cakap (SBLC) dan catat dengan alat bantu kartu data dan tabulasi data. Metode dan teknik analisis data yaitu metode padan ortografis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat bentuk kesalahan ejaan yang ditemukkan terdapat 2, yaitu: (1) kesalahan penggunaan huruf dan penggunaan tanda baca. Kesalahan penggunaan huruf terdapat 3 kategori yaitu: huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama awal kalimat sebanyak 36 data, huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama nama geografi sebanyak 1 data, dan huruf kapital digunakan untuk nama geografi yang menyatakan asal daerah sebanyak 1 data, (2) kesalahan penggunaan tanda baca pada karangan siswa terdapat 4 kategori yaitu: tanda titik sebanyak 28 data, tanda koma sebanyak 20 data, tanda titik dua sebanyak 16 data, dan tanda hubung sebanyak 7 data.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kesalahan berbahasa, bidang ejaan, deskripsi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 03:11 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 03:11 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76879 |
Actions (login required)
View Item |