Kesalahan berbahasa bidang ejaan pada karangan siswa dan kaitannya dengan bahan ajar teks deskripsi kelas VII SMP

Nugraheni, Etik (2023) Kesalahan berbahasa bidang ejaan pada karangan siswa dan kaitannya dengan bahan ajar teks deskripsi kelas VII SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800003050_JUDUL__230624113036.pdf

Download (603kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800003050_BAB_I__230623013959.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800003050_BAB_II__230623013959.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800003050_BAB_III__230623013959.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800003050_BAB_IV__230623013959.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800003050_BAB_V__230623013959.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800003050_DAFTAR_PUSTAKA__230623013959.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800003050_LAMPIRAN__230623013959.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1800003050_NASKAH_PUBLIKASI__230623013959.pdf

Download (172kB)

Abstract

Kesalahan ejaan sering ditemukan hingga saat ini adalah penulisan pada kata hubung, penggunaan huruf kapital, dan penggunaan tanda titik dan koma. Pada dasarnya kesalahan ini bukan karena tipografi namun melainkan semata-mata karena kurangnya memperdalam pengetahuan ejaan Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesalahan berbahasa bidang ejaan pada karangan siswa, (2) Mendeskripsikan keterkaitan kesalahan berbahasa bidang ejaan dengan bahan ajar teks deskripsi kelas VII SMP. Jenis penelitian ini menggunakan deksripstif kualitatif. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan simak bebas libat cakap (SBLC) dan catat dengan alat bantu kartu data dan tabulasi data. Metode dan teknik analisis data yaitu metode padan ortografis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat bentuk kesalahan ejaan yang ditemukkan terdapat 2, yaitu: (1) kesalahan penggunaan huruf dan penggunaan tanda baca. Kesalahan penggunaan huruf terdapat 3 kategori yaitu: huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama awal kalimat sebanyak 36 data, huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama nama geografi sebanyak 1 data, dan huruf kapital digunakan untuk nama geografi yang menyatakan asal daerah sebanyak 1 data, (2) kesalahan penggunaan tanda baca pada karangan siswa terdapat 4 kategori yaitu: tanda titik sebanyak 28 data, tanda koma sebanyak 20 data, tanda titik dua sebanyak 16 data, dan tanda hubung sebanyak 7 data.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kesalahan berbahasa, bidang ejaan, deskripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 23 Oct 2024 03:11
Last Modified: 23 Oct 2024 03:11
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76879

Actions (login required)

View Item View Item