Salsabila, Saarah (2024) Keefektifan layanan konseling kelompok teknik cognitive restructuring untuk mengatasi nomophobia pada peserta didik. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000001053_JUDUL__240824064233.pdf Download (716kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000001053_BAB_I__240814110504.pdf Download (91kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000001053_BAB_II__240814110504.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000001053_BAB_III__240814110504.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000001053_BAB_IV__240814110504.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000001053_BAB_V__240814110504.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001053_DAFTAR_PUSTAKA__240814110504.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000001053_LAMPIRAN__240814110504.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya gejala yang muncul pada peserta didik di sekolah yang menunujukan terdapat siswa masih merasakan kecemasan saat kehilangan konektifitas ketika bermain game online, siswa yang masih belum bisa menggunakan Smartphone secara teratur yang digunakan untuk bermain Game online, Wattpad, dan digunakan untuk menonton film. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta, Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keefektifan konseling kelompok teknik cognitive restructuring untuk mengurangi Nomophobia pada peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta dengan subjek penelitian sejumlah 8 siswa dengan tingkat Nomophobia tinggi di kelas 8D. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan menggunakan instrumen skala Nomophobia yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil uji validitas menggunakan SPSS dihasilkan bahwa dari 34 pernyataan terdapat 4 pernyataan yang dinyatakan tidak valid sehingga menghasilkan 30 pernyataan yang valid. Sedangkan hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach menghasilkan nilai 0,746 dan menunjukan bahwa skala Nomophobia reliabel. Analisis yang digunakan yaitu uji Paired Sample t-test.
Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji Paired Sample T-test diperoleh nilai sig sig. sebesar 0,000 (<0,05), maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat perbedaan antar skor pretest dan posttest. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “layanan konseling kelompok teknik cognitive restructuring untuk mengurangi Nomophobia pada peserta didik”.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Konseling kelompok, teknik cognitive restructuring, nomophobia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 08:24 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 08:24 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77042 |
Actions (login required)
View Item |