Sena, Sena (2024) Pengembangan Buku Panduan Pengasuhan Asrama dalam mewujudkan efektifitas kepengasuhan di Pondok Pesantren Asy-Syifa Muhammadiyah Bantul. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2107052013_JUDUL__240827120228.pdf Download (514kB) |
|
Text (BAB I)
T2_2107052013_BAB_I__240824074834.pdf Download (56kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2107052013_BAB_II__240824074834.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2107052013_BAB_III__240824074834.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2107052013_BAB_IV__240824074834.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2107052013_BAB_V__240824074834.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2107052013_DAFTAR_PUSTAKA__240824074834.pdf Download (73kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2107052013_LAMPIRAN__240824080631.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T2_2107052013_NASKAH_PUBLIKASI__240824080631.pdf Download (1MB) |
Abstract
Strategi pengasuhan santri di Pondok Pesantren Asy Syifa Muh.Bantul masih menggunakan pendekatan pembiasaan dengan perataturan yang ketat disertai punishment yang akan memberikan efek jera. Namun pendekatan ini seringkali memiliki dampak yang kurang bagi baik bagi santri mamupun ustadz atau musrif yang menangani. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Buku Panduan Pengasuhan yang berisi strategi pengasuhan yang lebih komprehensif yakni dengan menambahkan pendekatan perkaderan, konseling dan spiritual achievement. Kemudian melakukan analisis terhadap hasil uji efektifitas penggunaan Buku Panduan Pengasuhan.
Metode penelitian yang digunakan adalah R&D model Sugiyono. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik. Yaitu observasi, pretest, angket dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Teknis analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil reviever pakar, hasil uji coba produk dan uji coba pemakaian yang berisi masukan, tanggapan, saran dan kritikan. Sementara analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis data-data yang sudah dikumpulkan.
Hasil penelitian penulis untuk menjawab rumusan masalah pertama, bagaimana pengembangan buku panduan pengasuhan di Pondok Pesantren Asy syifa Muh Bantul? Hasil pengembangan berupa buku panduan pengasuhan kemudian dilakukan uji coba produk secara masal dengan melibatkan 11 pengasuh asrama putra dan putri diperoleh rata-rata prosentase skor sebesar 93 %. Berdasarkan kriteria Sugiyono perolehan prosentase skor tersebut berada pada kategori sangat layak. Selanjutnya untuk menjawab rumusan masalah kedua bagaimana efektifitas penerapan buku panduan tersebut dilakukan uji kelayakan buku dengan uji effektitis produk menggunakan nilai hasil pretest dan posttes para pengasuh Pondok Pesantren Asy Syifa menggunakan rumus Gain Ternormalisasi. Berdasarkan hasil perhitungan perolehan N-Gain sebesar 0,76. Kemudian angka perolehan tersebut dianalisis dengan menggunakan data interpretasi nilai N-Gain yaitu N-gain ≥ 0,70 dengan kriteria tinggi, 0,30 ≤ N-gain ≤ 0,70 dengan kriteria sedang, dan N-gain ≤ 0,30 dengan kriteria rendah. Perolehan angka 0,76 lebih besar dari kriteria N-Gain 0,70, sehingga mendapat kriteria tinggi. Maka bisa dinyatakan Buku Panduan Pengasuhan Santri yang penulis susun sangat effektif di pegunakan di Pondok Pesantren Asy syifa Muhammadiyah Bantul.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Buku panduan, perkaderan, konseling dan spirtual achievement |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:45 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:45 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77123 |
Actions (login required)
View Item |