Arrafi, Fadillah (2024) Tanggung jawab PT Kereta Api Indonesia Persero atas kerugian penumpang sebagai akibat dari kecelakaan kereta api. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000024110_JUDUL__241125122142.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000024110_BAB_I__241125122142.pdf Download (201kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000024110_BAB_II__241125122142.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000024110_BAB_III__241125122142.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000024110_BAB_IV__241125122142.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000024110_DAFTAR_PUSTAKA__241125122142.pdf Download (191kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000024110_LAMPIRAN__241125122142.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000024110_NASKAH_PUBLIKASI__241125122142.pdf Download (792kB) |
Abstract
TANGGUNG JAWAB PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) ATAS KERUGIAN PENUMPANG SEBAGAI AKIBAT DARI KECELAKAAN KERETA API
ABSTRAK
Indonesia mengembangkan dalam peningkatan pembangunan nasional seperti pada sektor transportasi, transportasi di Indonesia memiliki berbagai moda transportasi yang terbagi atas moda transportasi darat, laut, dan udara. Dalam persoalan ini penulis tertarik dan berniat untuk menulis tentang hal kereta api di Indonesia yang merupakan sarana moda transportasi darat. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai penyelenggara jasa angkutan orang/penumpang dan barang tentunya memiliki tanggungjawab yang besar dan resiko yang dihadapinya. Aspek hukum yang meliputi pengoperasiannya diperlukan kehadiran hukum dalam hal pertanggungjawaban, hak, dan kewajiban. Penyelenggara sarana perkeretaapian juga memenuhi kewajiban tanggung jawabnya sesuai pada Pasal 157 ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 Tentang Perkeretaapian yang membahas terkait tanggung jawab penyelenggara sarana perkeretaapian yang terpenuhinya kewajiban penyelenggara sarana perkeretaapian atas pengguna jasa yang mengalami kerugian. Tujuan penelitian untuk mengetahui kendala dan upaya serta tanggung jawab secara perdata PT. Kereta Api Indonesia (Persero) terhadap penumpang pada kecelakaan kereta api. Jenis penelitian adalah normatif empiris. Metode pengumpulan data yang terdiri dari wawancara dan studi kepustakaan, sehingga penulis dapat memperoleh data informasi yang baik dan relevan, menguji hipotesis, hingga menilai hasil. Analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini memberikan petunjuk kepada kesesuaian dalam praktiknya pada pihak penyelenggara mengenai pertanggungjawabannya yakni PT. Kereta Api Indonesia (Persero) bertanggungjawab dengan memberikan kompensasi dengan Jasa Raharja sebagai bentuk bekerja sama dengan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yang mengeluarkan sejumlah uang sebagai tanggung jawabnya dan berbagai aspek yang berkaitan dalam memenuhi kompensasi hak-hak penumpang. kendala dan upaya yang harus dilakukan oleh pihak kereta api yang menjadi aspek pengupayaannya dalam kendala yang dialami pihak kereta api seperti aspek geografis, aspek ketidakpuasan penumpang, aspek penanganan dengan aspek upaya terkait hak-hak penumpang, aspek upaya sosial, upaya kolaborasi, dan upaya dalam evaluasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Undang-undang; Pertanggungjawaban; Kereta Api; Perdata |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Law (Fakultas Hukum) > S1-Law Science (S1-Hukum) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 07:08 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 07:08 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77593 |
Actions (login required)
View Item |