Program Sekolah Ramah Anak Berbasis Budaya 5S Di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta Tahun 2023/2024

NUR FADHILAH, Siti and Martaningsih, Sri Tutur Program Sekolah Ramah Anak Berbasis Budaya 5S Di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta Tahun 2023/2024. [Artikel Dosen] (Unpublished)

[thumbnail of Siti Nur Fdhilah & martaningsih.pdf] Text
Siti Nur Fdhilah & martaningsih.pdf

Download (698kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah ramah anak berbasis budaya 5S di SD Negeri Ngupasan. Jenis penelitian yang digunakan adalah evaluative dengan model evaluasi CIPP dan metode analisis deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan komponen context yang memuat visi, misi, tujuan, dan SK SRA sudah memuat kebijakan tentang anti kejahatan terhadap anak. Komponen input meliputi tersedianya sarana dan prasarana sesuai prasyarat SRA dan adanya konsep pembelajaran SRA berbasis budaya 5S sudah sesuai dengan kriteria buku panduan SRA. Komponen process tentang adanya partisipasi peserta didik, partisipasi pihak eksternal dalam memfasilitasi dan mendukung kegiatan SRA, seta pelaksanaan proses pembelajaran SRA berbasis budaya 5S telah terlaksana dengan baik. Sehingga, program menghasilkan kompon produk meliputi Pendidik dan tenaga kependidikan terlatih pengetahuan tentang hak-hak dan memiliki program kerja SRA. Serta adanya perkembangan psiososisal peserta didik untuk menjadi lebih percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki dan dapat bertanggungjawab atas keputusan yang diambil.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Dr. M.Pd Sri Tutur Martaningsih
Date Deposited: 11 Dec 2024 02:07
Last Modified: 11 Dec 2024 02:07
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77670

Actions (login required)

View Item View Item