Kusumaningtyas, Dian Artha (2014) Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together sebagai Alternatif Peningkatan Kualitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Telaah Kurikulum Hasil Belajar Fisika SMA. JRKPF, 1 (1).
Text
Cooperative_Leaning_Tipe_Numbered_Heads_Together_s.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Hal yang harus diperhatikan oleh pendidik dalam mengajarkan suatu pokok bahasan adalah
pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan. cooperative learning tipe
numbered heads together (NHT). merupakan suatu metode belajar yang cukup efektif untuk
meningkatkan partisipasi mahasiswa dikelas. Penelitian ini bertujuan Mengetahui perubahan
kualitas proses belajar pada peserta didik yang diajar pendidik menggunakan cooperative learning
tipe numbered heads together (NHT).
Subjek Penelitian ini adalah mahasiswa semester IV program studi P.Fisika. Rancangan penelitian
ini menggunakan alur penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart,
yang diawali kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads
Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa mata kuliah telaah kurikulum
Fisika SMA. Hal ini tergambar dari rata-rata aktivitas siklus I mencapai 2,2 dan meningkat sebesar
3,3 pada siklus IV. Selain itu tampak prosentase keterlaksanaan dari siklus I mencapai rata-rata
sebesar 2,78, dan siklus 4 mencapai rata-rata sebesar 3,57 atau meningkat sebesar 0.79 dari siklus
I.
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika) |
Depositing User: | M.Pd.si Dian Artha Kusumaningtyas |
Date Deposited: | 23 Dec 2017 05:08 |
Last Modified: | 23 Dec 2017 05:15 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/8208 |
Actions (login required)
View Item |