Dampak Penggunaan Aplikasi Soundcard Oscilloscope Terhadap Pembelajaran Fisika Materi Pipa Organa Tertutup di SMAN 1 Sendawar

Susanti, Desi and Ishafit, Ishafit (2025) Dampak Penggunaan Aplikasi Soundcard Oscilloscope Terhadap Pembelajaran Fisika Materi Pipa Organa Tertutup di SMAN 1 Sendawar. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Naskah Artikel] Text (Naskah Artikel)
4 Dampak Penggunaan Aplikasi Soundcard Oscilloscope.pdf

Download (581kB)
[thumbnail of Cek Similarity] Text (Cek Similarity)
4_Dampak_Penggunaan_Aplikasi_Soundcard_Oscilloscop.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan aplikasi Soundcard oscilloscope pada materi pipa organa tertutup dengan cara membandingkan hasil belajar fisika siswa antara yang menggunakan aplikasi Soundcard oscilloscope dengan yang menggunakan osiloskop konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental dengan bentuk desain adalah nonequivalent control group design. Variabel eksperimen (X1) dalam penelitian ini adalah kelas yang diberikan perlakukan praktikum kelompok dengan menggunakan osiloskop berbasis soundcard laptop sebagai alat praktikum. Sedangkan, variable kontrolnya (X2) adalah kelas yang diberikan perlakuan praktikum kelompok dengan menggunakan satu osiloskop konvensional sebagai alat praktikum. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah pemberian tes berupa pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data uji independent sample test yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa hasil sig(2-tailed) menunjukkan nilai lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa antara yang menggunakan aplikasi soundcard osiloskop dengan yang menggunakan osiloskop konvensional sebagai alat praktikum. Berdasarkan analisis data paired sample t-test dibuktikan bahwa penggunaan alat praktikum baik soundcard oscilloscope maupun osiloskop konvensional memberikan dampak peningkatan hasil belajar secara signifikan. Dimana dengan soundcard oscilloscope rata-rata hasil belajar siswa meningkat sebesar 20,44 sedangkan dengan osiloskop konvensional meningkat sebesar 8,200.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika)
Depositing User: Ishafit Ishafit
Date Deposited: 14 Apr 2025 01:35
Last Modified: 14 Apr 2025 01:35
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82887

Actions (login required)

View Item View Item