Fatimah, Fatimah (2025) Pengembangan Konten Website Pembelajaran Berbantuan Google Sites Berorientasi Pemahaman Konsep Materi Termodinamika. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1811007042_JUDUL__250326104346.pdf Download (442kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1811007042_BAB_I__250326104346.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1811007042_BAB_II__250326104346.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1811007042_BAB_III__250326104346.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1811007042_BAB_IV__250326104346.pdf Restricted to Registered users only Download (831kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1811007042_BAB_V__250326104346.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1811007042_DAFTAR_PUSTAKA__250326104346.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1811007042_LAMPIRAN__250326104347.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_1811007042_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250326104346.pdf Restricted to Registered users only Download (43MB) | Request a copy |
Abstract
Keterbatasan waktu dalam menjelaskan pembelajaran menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi pendidik. Selain itu pemanfaatan teknologi yang digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran juga belum optimal. Banyak peserta didik yang kurang berperan aktif, kurang fokus, dan masih kesulitan dalam memahami materi yang dipelajari. Salah satu materi fisika yang sulit dipahami oleh peserta didik adalah termodinamika. Sehingga diperlukanlah media pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan websites yang dapat digunakan untuk menjadi media pembelajaran sehingga bisa menarik antusiasme minat belajar peserta didik. Dari pengembangan media pembelajaran tersebut bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan konten websites berbantuan google sites sebagai daya dukung media pembelajaran pada materi termodinamika. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), dengan menggunakan metode R&D (Research and Development). Penelitian ini dilakukan disalah satu SMA dengan melibatkan peserta didik kelas XI. Presentase rata-rata hasil validasi ahli media sebanyak 92,15% dengan kategori sangat layak. Presentase rata-rata hasil validasi ahli materi sebanyak 94,85% dengan kategori sangat layak. Sedangkan presentase hasil respon pengguna media pembelajaran berbasis websites berbantuan google sites pada materi termodinamika kelas XI SMA oleh peserta didik memperoleh skor rata-rata dari keseluruhan aspek penilaian sebesar 89,74%. Dimana presentase tersebut dikatagorikan sangat layak digunakan untuk media pembelajaran. Media pembelajaran yang dihasilkan dapat diakses melalui https://sites.google.com/webmail.uad.ac.id/fisika-kelas-xi-termodinamika/tujuan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | media pembelajaran, termodinamika, meningkatkan pemahaman peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 05:43 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 05:43 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82971 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |