Aznam Ashari, Kory (2025) Implementasi Nilai Religius dalam Pembelajaran PAI dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas X SMA N 1 Salem Kabupaten Brebes. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000031022_JUDUL__250413095843.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000031022_BAB_I__250413095843.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000031022_BAB_II__250413095843.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000031022_BAB_III__250413095843.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000031022_BAB_IV__250413095843.pdf Restricted to Registered users only Download (771kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000031022_BAB_V__250413095843.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031022_DAFTAR_PUSTAKA__250413095843.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000031022_LAMPIRAN__250413100050.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_2000031022_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250414015454.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan upaya sadar dan terencana untuk menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, sehingga peserta didik memiliki kapasitas untuk berkembang dalam segala aspek yang bermanfaat bagi kehidupannya. Pendidikan Agama Islam (PAI) harus senantiasa disampaikan dan menyesuaikan perkembangan zaman yang dialami oleh peserta didik. Melalui pendekatan kontekstual, penyampaian nilai religius dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan pemahaman dan penerimaan siswa karena materi yang disampaikan menjadi lebih relevan dengan kehidupan mereka. Namun, dalam penerapannya terdapat berbagai tantangan yang harus dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai religius dalam pembelajaran PAI serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya di SMA N 1 Salem, Kabupaten Brebes.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang mencakup tahap redukasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu untuk memastikan ketepatan dan keselarasan temuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi nilai religius dalam mata pelajaran PAI di SMA N 1 Salem telah berjalan cukup baik melalui pendekatan kontektual. Nilai religius ditanamkan dalam berbagai kegiatan pembelajaran serta didukung oleh lingkungan sekolah yang religius, keberadaan fasilitas ibadah, serta keterlibatan masyarakat dalam pembinaan keagamaan. Adapun tantangan dalam penerapannya meliputi pengaruh modernisasi, keterbatasan sebagian siswa dalam kemampuan baca tulis Al-Qur’an, serta perbedaan tingkat motivasi siswa dala mengamalkan nilai religius.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Nilai Relgius, Pendekatan Kontekstual, Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:09 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 06:09 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83018 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |