Ridha, Dian Sekar Mei (2024) Kompetensi Kepribadian Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SD Negeri 2 Pandansimping Kabupaten Klaten. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900031309_JUDUL__241213041728.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900031309_BAB_I__241213032326.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900031309_BAB_II__241213032326.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900031309_BAB_III__241213032807.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900031309_BAB_IV__241213032326.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900031309_BAB_V__241213032326.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031309_DAFTAR_PUSTAKA__241212063843.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900031309_LAMPIRAN__241213032326.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh betapa pentingnya karakter yang harus dimiliki oleh siswa di tengah pertumbuhan zaman yang semakin maju dan canggih ini yang mampu merubah akhlak, terutama pengaruh negatif akibat perkembangan teknologi. Masalah ini mendorong semua lembaga khususnya lembaga pendidikan untuk menghadapi situasi kondisi seperti saat ini, mengingat pentingnya karakter bagi seorang siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana proses pembentukan karakter siswa melalui kompetensi kepribadian guru PAI dan mengetahui faktor yang mendukung maupun menghambat pembentukannya.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang ditemukan dari penelitian ini menunjukkan (1) Karakter yang ditemukan pada siswa di SD Negeri 2 Pandansimping Kabupaten Klaten yang ditunjukkan dalam kegiatan sehari-hari meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. (2) Kompetensi kepribadian guru yang ditemukan pada guru PAI di SD Negeri 2 Pandansimping Kabupaten Klaten meliputi kepribadian mantap, kepribadian stabil, dewasa, arif, berwibawa, dan mampu menjadi teladan bagi peserta didik. (3) Terdapat faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter siswa, di antaranya faktor pendukung dan faktor penghambat. Masing-masing faktor ini terbagi menjadi internal dan eksternal. Faktor pendukung pembentukan karakter siswa diantaranya; watak atau sifat yang memang telah dibawa sejak lahir, latar belakang keluarga, peran guru di sekolah dan strategi pembelajaran yang dilaksanakan, sedangkan faktor penghambat pembentukan karakter siswa diantaranya; kurangnya perhatian dari keluarga terutama orang tua, pergaulan yang kurang mendukung di lingkungan tempat tinggal, pengaruh media massa yang memberikan dampak besar kepada semua kalangan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Karakter, Kompetensi Kepribadian, Guru PAI |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 02:14 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 02:14 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |