Hulisan, Muhammad Fasih (2023) Pendidikan Anak dalam Kandungan Perspektif Hadis; Studi Hadis Tematik. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800027048_JUDUL__230329105131.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800027048_BAB_I__230327105614.pdf Download (468kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800027048_BAB_II__230327105614.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800027048_BAB_III__230327105614.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800027048_BAB_IV__230327105614.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800027048_BAB_V__230327105614.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800027048_DAFTAR_PUSTAKA__230327105614.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800027048_LAMPIRAN__230328103509.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan prenatal dalam islam bukan suatu isu dan persoalan yang baru, tetapi telah dipraktekkan oleh Nabi Saw. Hal tersebut dapat dilacak dari berbagai hadis-hadis yang mengisyaratkan tentang pendidikan prenatal. Namun pada prakteknya, pendidikan prenatal justru lebih dahulu terkenal dan dikembangkan oleh peneliti-peneliti barat. Salah satu fakta yang menunjukkan kesuksesan implementasi pendidikan prenatal yaitu terdapat pada praktek pendidikan prenatal oleh bangsa yahudi. Kenapa hal tersebut dapat terjadi? Asumsi dasar penulis, hal tersebut terjadi karena kurangnya perhatian umat islam terhadap konsepsi Nabi Saw. tentang pendidikan prenatal, dan juga karena kurangnya pemahaman serta pemaknaan terhadap hadis-hadis yang berkaitan dengan pendidikan prenatal. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas hadis-hadis tentang pendidikan anak dalam kandungan, dan bagaimana pemahaman hadis tentang pendidikan anak dalam kandungan.
Objek dalam penelitian ini adalah hadis-hadis yang bertema pendidikan prenatal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan metode kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan tematik dan interkoneksi dalam studi hadis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tematik, dan dianalisis dengan cara mencari keterkaitan antara hadis-hadis prenatal dengan teori pendidikan prenatal.
Hasil penelitian terdapat sebelas hadis. Sembilan hadis dengan kualitas sahih, satu hadis dengan kualitas dha’if, dan satu hadis dengan kualitas hasan. Kemudian pembahasan hasil penelitian berupa konsep-konsep pendidikan prenatal yang terkandung dalam hadis yaitu dasar-dasar, prinsip, tahap-tahap, dan metode pendidikan prenatal. Kesimpulan akhir dari penelitian ini, ditemukan adanya kesamaan pandangan antara pendidikan prenatal perspektif hadis dengan teori pendidikan prenatal. Kemudian, tercapainya fungsi interkoneksi hadis, yaitu komplementasi, konfirmasi, kontribusi, dan komparasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pendidikan Prenatal, Tematik, Interkoneksi. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > S1-Hadith Interpretation (S1-Tafsir Hadith) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 03:20 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 03:20 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83195 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |