KOMPETENSI AKADEMIK MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

Caraka, Putra Bhakti and Ariadi, nugraha and hartono, hartono (2017) KOMPETENSI AKADEMIK MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA. The 5 th University Research Colloqium, 1 (1). pp. 1190-1195. ISSN 978-979-3812-42-7

[thumbnail of 211-Caraka_Putra_Bhakti-1190-1195.pdf] Text
211-Caraka_Putra_Bhakti-1190-1195.pdf

Download (143kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mengukur penguasaan kompetensi akademik mahasiswa bimbingan dan konseling. Pengukuran kompetensi akademik dapat ditagih melalui ujian tertulis yang berupa tes pilihan (multiple choice) yang sangat efektif untuk melakukan survei kemampuan yang dimiliki serta permasalah yang dihadapi oleh kelompok calon konselor yang berjumlah besar. Penelitian ini menggunakan pendeketan kuantitatif.. Instrumen dalam penelitian berupa tes berisi daftar soal terkait kompetensi akademik yang meliputi: (1) memahami secara mendalam konseli yang dilayani, (2) menguasai landasan dan kerangka teoretik bimbingan dan konseling, (3) menyelenggarakan pelayanan bimbingan dan konseling yang memandirikan, dan (4) mengembangkan pribadi dan profesionalitas konselor secara berkelanjutan. Populasi penelitian adalah mahasiswa bimbingan dan konseling semester akhir yang dibatasi pada mahasiswa angkatan 2011 yang telah menempuh PPL dan sedang mengerjakan skripsi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor kompetensi akadeik 60,8. Dari empat indikator yang dirancang, inkator penguasaan teoritik bimbingan dan konseling tergolong rendah skor pencapaiannya. Hasil penelitian dapat dijadikan bahan rujukan program studi dalam pengembangan kurikulum dan model pembelajaran yang dilakukan di perguruan tinggi.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: Caraka Putra Bhakti
Date Deposited: 29 Jan 2018 01:51
Last Modified: 29 Jan 2018 01:51
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/8667

Actions (login required)

View Item View Item