Peranan Sekolah Berbasis Pondok Pesantren dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Antar Umat Beragama

Benaziria, Benaziria (2017) Peranan Sekolah Berbasis Pondok Pesantren dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Antar Umat Beragama. In: Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 11 November 2017, Yogyakarta, Indonesia.

[thumbnail of 45-51 Benaziria.pdf]
Preview
Text
45-51 Benaziria.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mencatat terdapat 19 pondok pesantren yang terindikasi sarat dengan kegiatan radikalisme yang tersebar di seluruh Indonesia. BNPT menyatakan, pondok pesantren yang diduga terindikasi sarat dengan kegiatan yang berkaitan dengan terorisme. Pemberitaan yang mengaitkan pesantren dengan tindakan terorisme, sehingga menimbulkan streotipe terhadap pesantren dikarenakan banyak media massa memberitakan peristiwa pengeboman yang mengaitkan pelaku peledakannya dengan pesantren. timbul stigma dalam pelaksanaan pembelajarannya, pesantren mengabaikan nilai-nilai toleransi. Pesantren sebagai lembaga pendidikan formal berbasis agama memiliki peserta didik homogen dari sisi agama, serta peserta didik yang terbiasa berinteraksi dengan komunitas agama yang sama. Pengintegrasian karakter toleransi perlu diterapkan dalam proses pembelajaran di pesantren guna membentuk peserta didik yang memiliki karakter toleransi, yang secara tidak langsung turut membentuk warga negara muda yang toleran dalam bingkai negara indonesia yang multikultural. Tujuan dari artikel ini adalah mendeskripsikan peranan sekolah berbasis pondok pesantren dalam mengembangkan karakter toleransi kepada peserta didik . Metode yang digunakan adalah kajian pustaka. Simpulannya. Pesantren memiliki peran penting untuk mewujudkan kehidupan yang harmoni pada masyarakat multikultural. Pesantren memiliki peran strategis untuk mencerdaskan kehidupan bangsa berdasar nilai-nilai keislaman, selain itu pesantren juga memiliki peran dalam mewujudkan, kehidupan yang rukun, damai, menjaga persatuan, kesatuan bangsa, dengan cara mengintegrasikan karakter toleransi pada peserta didiknya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: Dikdik Baehaqi Arif
Date Deposited: 27 Mar 2018 05:11
Last Modified: 27 Mar 2018 05:11
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/9757

Actions (login required)

View Item View Item