Pelaksanaan dan Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Pembinaan Karakter Disiplin Siswa

Nugraha, Yogi and Rahmatiani, Lusiana (2017) Pelaksanaan dan Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Pembinaan Karakter Disiplin Siswa. In: Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 11 November 2017, Yogyakarta, Indonesia.

[thumbnail of 96-102 Yogi Nugraha, Lusiana Rahmatiani.pdf] Text
96-102 Yogi Nugraha, Lusiana Rahmatiani.pdf

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kegiatan ekstrakurikuler dalam menumbuhkan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri Se Kabupaten Karawang, dengan melihat dari pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, peran kegiatan ekstrakurikuler, dan faktor pendukung serta penghambatnya pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan yaitu metode studi kasus. Penelitian dilaksanakan pada SMP Negeri Se Kabupaten Karawang Kabupaten Karawang, dengan estimasi waktu penelitian selama mulai dari Juni 2017 sampai dengan tanggal Oktober 2017. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh komponen SMP Negeri Se Kabupaten Karawang, dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Purposive sampling adalah pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Sampel dalam penelitian ini adalah SMPN 1 Karawang Barat, SMPN 1 Karawang Timur, SMPN 1 Cilamaya Wetan, SMPN 1 Banyusari dan SMPN 1 Jatisari. Hasil yang didapat dari penelitian yang telah dilaksanakan adalah: 1. Pelaksanaan program kegiatan ekstrakurikuler di sekolah cukup baik, ditandai dengan peran sekolah yang mensupport baik secara moril maupun materil. Berbagai kegiatan ekstrakurikuler juga telah dilaksanakan di sekolah dan peserta didik dapat memilih kegiatan pengembangan diri sesuai minat dan bakatnya; 2. Perubahan perilaku kea rah yang lebih baik dirasakan ketika peserta didik telah mengikuti keiatan ekstrakurikuler, seperti prestasi belajar yang membaik, percaya diri, dan mereka yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler terlihat lebih disiplin; 3. Faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler diantaranya semangat peserta didik yang begitu besar sedangkan penghambatnya adalah sarana dan prasarana yang belum begitu memadai, hanya di sekolah di perkotaan yang sarana prasarananya cukup memadai.
Kata kunci : Pembinaan karakter disiplin, peserta didik, ekstrakurikuler

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: Dikdik Baehaqi Arif
Date Deposited: 27 Mar 2018 05:09
Last Modified: 27 Mar 2018 05:09
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/9765

Actions (login required)

View Item View Item