Kontribusi Model Education Sustainable Development dalam Pembelajaran PKn Terhadap Kompetensi Kewarganegaraan

Anggraeni, Diana Noor (2017) Kontribusi Model Education Sustainable Development dalam Pembelajaran PKn Terhadap Kompetensi Kewarganegaraan. In: Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 11 November 2017, Yogyakarta, Indonesia.

[thumbnail of 134-141 Diana Noor Anggraini.pdf]
Preview
Text
134-141 Diana Noor Anggraini.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan berkontribusi mempersiapkan orang-orang muda untuk berperan dan bertanggung jawab sebagai warga negara dan secara khusus termasuk di dalamnya (melalui sekolah, pengajaran dan pembelajaran) dalam proses persiapan warga Negara. Pendidikan Kewarganegaraan memiliki kontribusi penuh sebagai jalan pembangunan secara berkelanjutan dalam mewadahi isu pembangunan ini dengan melibatkan partisipasi warga Negara di dalamnya. Secara konseptual, model Education Sustainable Development (ESD) merupakan sistem aktivitas pengembangan sumber daya manusia secara sadar melibatkan generasi satu dengan generasi lainnya yang mencakup keberlanjutan ekonomi (economic sustainability), keberlanjutan sosial (social sustainability), keberlanjutan budaya (cultural sustainability), dan keberlanjutan ekologi (ecology sustainability). Pengembangan sumber daya manusia dilakukan melalui sistem pendidikan dalam sebuah perspektif belajar sepanjang hidup (lifelong learning) dimulai dari usia dini hingga sampai pada usia dewasa. Model ESD menuntut reorientasi pendekatan pendidikan yang mencakup struktur atau isi kurikulum, tujuan, metode, dan evaluasi. Secara sistemik, pendidikan pembangunan berkelanjutan untuk pengembangan kompetensi kewarganegaraan dalam pembelajaran PKn mampu mengembangkan pengetahuan yang segar (civic knowledge) bagi siswa, mengembangkan bakat yang ada dan menyampaikan keterampilan yang berguna (civic skill), sehingga dapat membantu peserta didik mengembangkan jenis kualitas hidup yang melibatkan rasa hormat tidak hanya untuk manusia tetapi juga untuk sumber daya, fauna dan flora yang ada di planet ini (civic disposition).
Kata kunci : Model Education Sustainable Development (ESD), Pembelajaran PKn, Kompetensi Kewarganegaraan
Abstract

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: Dikdik Baehaqi Arif
Date Deposited: 27 Mar 2018 05:08
Last Modified: 27 Mar 2018 05:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/9772

Actions (login required)

View Item View Item