Fatahillah, Fatahillah (2017) Pembekalan Literasi Nilai Kebangsaan dan Kemanusiaan bagi Calon Guru secara Andragogi sebagai Bagian Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti di Sekolah Dasar. In: Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 11 November 2017, Yogyakarta, Indonesia.
Preview |
Text
159-166 Fatahillah.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
Pengguliran Gerakan Budi Pekerti yang dilaksanakan di Sekolah-Sekolah menuntut penyiapan Sumber Daya Manusia untuk tenaga pengajar Guru di intitusi Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan, agar ditingkatkan kapasitas dan kapabilitas terutama pada bagaimana memberikan Literasi Nilai-Nilai Kebangsaan dan Kebudayaan sebagai kompetensi utama bagai calon Guru di sekolah dasar, Sehingga apa yang menjadi tujuan Gerakan menjadi efektif dan berdaya guna. Kajian ini akan membahas bagaimana gambaran pelaksanaan pembekalan Literasi bagi Mahasiswa Calon Guru di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) berdasarkan teori dan Prinsip Andragogis sebagai dasar teoritis pembelajaran di Perguruan Tinggi dengan menggunakan pendekatan analisis domain, Semantik dan Pustaka. Penelaahan menunjukan Pembekalan Literasi bagi Mahasiswa PGSD dilaksanakan melalui tahapan transformasi pengetahuan akan nilai-nilai, transformasi pemahaman akan nilai, implementasi literasi akan nilai-nilai, dan aktualisasi nilai-nilai dalam sikap dan perilaku modal contoh teladan bagi peserta didik kelak ketika menjadi tenaga pendidik.
Kata kunci : Gerakan Budi Pekerti, Literasi Nilai Kebangsaan dan Kebudayaan, Teori dan Prinsip Andragogi
Abstract
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)) |
Depositing User: | Dikdik Baehaqi Arif |
Date Deposited: | 27 Mar 2018 05:07 |
Last Modified: | 27 Mar 2018 05:07 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/9776 |
Actions (login required)
View Item |