Lubis, Elfahmi (2017) Rekonstruksi Kurikulum PKn Bermuatan Pendidikan Antikorupsi. In: Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 11 November 2017, Yogyakarta, Indonesia.
Text
183-190 Elfahmi Lubis.pdf Download (261kB) |
Abstract
Artikel penelitian ini membahas tentang rekonstruksi kurikulum pada tingkat Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Bengkulu yang bermuatan pendidikan antikorupsi yang diwujudkan pada pembelajaran Pancasila Kewarganegaraan. Pendidikan antikorupsi harus diperkenalkan, diajarkan dan diimplementasikan pada siswa sejak dini, hal ini diwujudan pada pengembangan kurikulum yang perlu direkonstruksi. Artikel penelitian ini secara rinci mengungkap konsep pendidikan antikorupsi, kurikulum Pancasila Kewarganegaraan, karakteristik rekonstruksi pendidikan antikorupsi dalam pembelajaran Pancasila Kewarganegaraan. Metode peneltian yang digunakan dalam penelitian ini berupa deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dapat terlihat bahwa implementasi rekonstruksi kurikulum bermuatan pendidikan antikorupsi lebih baik dibandingkan dengan yang tidak mengimplementasikan rekonstruksi kurikulum bermuatan pendidikan antikorupsi pada pembelajaran PKn. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan implementasi rekonstruksi kurikulum bermuatan pendidikan antikorupsi dapat dijadikan strategi yang mampu menumbuhkan antikorupsi siswa pada setiap lini kehidupan.
Kata kunci: Rekonstruksi, kurikulum, pendidikan antikorupsi, PKn
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)) |
Depositing User: | Dikdik Baehaqi Arif |
Date Deposited: | 27 Mar 2018 04:59 |
Last Modified: | 27 Mar 2018 04:59 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/9779 |
Actions (login required)
View Item |