Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Cooperatif Learning Tipe Group Investigation dalam Mata Pelajaran PPKn

Najmina, Nana (2017) Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Cooperatif Learning Tipe Group Investigation dalam Mata Pelajaran PPKn. In: Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 11 November 2017, Yogyakarta, Indonesia.

[thumbnail of 203-208 Nana Najmina.pdf] Text
203-208 Nana Najmina.pdf

Download (254kB)

Abstract

Mata pelajaran PPKn merupakan salah satu mata pelajaran yang terkadang masih dianggap membosankan oleh sebagian siswa. Banyak diketahui bahwa dalam meningkatkan sikap kritis siswa dan hasil belajar siswa masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kritis siswa dan hasil belajar PPKn dengan mengunakan model pembelajaran Kooperatif (GI), agar pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru tetapi lebih menekankan pada keaktifan siswa. Dengan model pembelajaran kooperatif GI dapat meningkatkan sikap kritis dan hasil belajar PPKn, diharapkan dengan menggunakan model ini siswa antusias dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran PPKn, keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran menunjukkan peningkatan. Model ini mendorong siswa untuk mau menggali dan memperdalam cara berpikir mereka dengan menemukan berbagai alternative berpikir. Hal ini bisa dilihat dari partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan dalam diskusi kelas. Menggunakan model pembelajaran kooperatif group Investigation disarankan agar dapat digunakan pada kegiatan belajar mengajar di jenjang pendidikan, agar siswa dapat mencapai hasil belajar yang maksimal serta dapat berfikir lebih kritis Tujuan artikel ini, mendeskripsikan meningkatkan sikap berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui model cooperatif learning tipe Group Investigation (GI) dalam mata pelajaran ppkn. Metode penulisan makalah ini menggunakan metode studi literatur didukung oleh jurnal penelitian yang relevan. Dalam model ini dapat dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran PPKn yang diharapkan siswa dapat memecahkan masalah topik pembelajaran untuk menyelesaikan tugas dan menguasai materi pembelajaran yang diberikan.
Kata kunci : Berpikir Kritis, Cooperatif Learning, Group Investigation, Hasil belajar, PPKn

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: Dikdik Baehaqi Arif
Date Deposited: 27 Mar 2018 04:59
Last Modified: 27 Mar 2018 04:59
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/9782

Actions (login required)

View Item View Item