Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Motivasi belajar dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn

Wardhani, Primandha Sukma Nur (2017) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Motivasi belajar dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn. In: Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 11 November 2017, Yogyakarta, Indonesia.

[thumbnail of 249-254 Primandha Sukma Nur Wardhani.pdf] Text
249-254 Primandha Sukma Nur Wardhani.pdf

Download (120kB)

Abstract

Pembelajaran konvensional yang masih diterapkan oleh guru PPKn yaitu dominan menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi, siswa belajar dengan bahan ajar buku teks, dan mengerjakan latihan dari lembar kerja siswa (LKS) sehingga siswa kurang memahami konsep materi, hanya menerima informasi, dan cenderung menghafal. Pembelajaran kurang menarik perhatian, siswa cepat bosan, kurang bersemangat dalam menerima pembelajaran dan menimbulkan kejenuhan maka diperlukan model pembelajaran untuk mengatasi permasalahan yang ada, salah satu caranya dengan menerapkan model pembelajaran baru yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, dan dapat memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Think Pair Share merupakan model pembelajaran kooperatif terstruktur. Dimana dalam pelaksanaannya mengandalkan kerja sama antara siswa dalam memecahkan masalah. Dalam pelaksanaan Think Pair Share, guru menyajikan materi klasikal, memberikan persoalan kepada siswa dan siswa bekerja secara kelompok, presentasi kelompok. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dilandasi oleh teori belajar konstruksivisme. Teori konstruksivisme menyatakan bahwa peserta didik harus menemukan sendiri dan mentransformasikan informasi yang kompleks, mengecek informasi baru dengan aturan-aturan lama dan merevisinya apabila aturan-aturan itu tidak lagi sesuai. Tujuannya agar siswa benar-benar memahami dan menerapkan pengetahuan, siswa harus bekerja memecahkan masalah dan menentukan segala sesuatu untuk didrinya maupun kelompok. Metode yang digunakan adalah studi literatur yang didukung oleh jurnal yang relevan. Diharapkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, siswa dapat menjadi aktif dan termotivasi dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Think Pair Share, Motivasi, Hasil Belajar, PPKn

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: Dikdik Baehaqi Arif
Date Deposited: 27 Mar 2018 04:57
Last Modified: 27 Mar 2018 04:57
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/9788

Actions (login required)

View Item View Item