Pratiwi, Yesi Eka (2017) Pengembangan Civic Disposition dengan Model Pembelajaran VCT Berbasis Couple Team. In: Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 11 November 2017, Yogyakarta, Indonesia.
Preview |
Text
255-262 Yesi Eka.pdf Download (141kB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang efektif akan sangat membantu dalam proses pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran akan mudah tercapai. Pembelajaran yang inovatif juga sangat berkontribusi dalam menarik minat peserta didik untuk mengikuti pembelajaran sampai akhir, tanpa meninggalkan titik bosan atau jenuh. Pembelajaran PPKn di sekolah yang selama ini didominasi dengan kegiatan hafalan cenderung memicu tingkat kejenuhan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Selama ini model pembelajaran PPKn yang sering digunakan adalah model pembelajaran yang hanya menggunakan metode ceramah. Sehingga guru yang pada hakikatnya hanya sebagai fasilitator justru kini lebih dominan, hal semacam ini yang nantinya akan menurunkan semangat belajar siswa. Value Clarification Technique (VCT) adalah salah satu tekhnik pembelajaran inovatif yang harapannya dapat memenuhi tujuan pembelajaran dan memberikan nuansa baru dalam kegiatan belajar mengajar. Aspek yang ingin dikembangkan dalam hal ini menitik beratkan pada aspek (civic disposition). Sebab model pembelajaran (VCT) yang dapat diartikan sebagai teknik mengklarifikasi nilai, diangap baik untuk membantu siswa dalam mencari dan menentukan nilai. Model pembelajaran ini menekankan kreatifitas siswa untuk bekerja sama (couple team), model ini sangat cocok digunakan untuk meningkatkan karakter siswa. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan, memaparkan dan menjelaskan model pembelajaran VCT berbasis couple team yang memfokuskan pada aspek civic disposition. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka.
Kata Kunci: civic disposition, model pembelajaran VCT, couple team
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)) |
Depositing User: | Dikdik Baehaqi Arif |
Date Deposited: | 27 Mar 2018 04:57 |
Last Modified: | 27 Mar 2018 04:57 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/9789 |
Actions (login required)
View Item |