Alternatif Model Pembelajaran Kreatif untuk Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Saintifik

Nur'aeni, Nani (2017) Alternatif Model Pembelajaran Kreatif untuk Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Saintifik. In: Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 11 November 2017, Yogyakarta, Indonesia.

[thumbnail of 276-283 Nani Nur'aeni.pdf]
Preview
Text
276-283 Nani Nur'aeni.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan secara konsepsional merupakan pendidikan yang bertujuan untuk membangun kesadaran politik kewargaan, yakni mengerti hak dan kewajiban sebagai subjek pengambil keputusan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selayaknya pendidikan ini menjadi menarik, menantang dan memotivasi untuk diikuti dan bukan sebagai pembelajaran yang indoktrinatif. Berdasarkan hasil survey terhadap 200 mahasiswa baru, tentang pengalaman pendidikan kewarganegaraan yang pernah diikutinya di sekolah, serta kajian hasil penelitian pada jenjang pendidikan tingkat menengah, ditemukan simpulan bahwa suka tidaknya peserta didik terhadap pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan disebabkan implementasi model pembelajaran kreatif oleh guru. Tulisan ini merupakan kajian terhadap hasil penelitian model pembelajaran berbasis saintifik, sebagai alternatif model pembelajaran kreatif untuk Pendidikan Kewarganegaraan yang menunjukkan dampak hasil pembelajaran tinggi terhadap aspek kognisi, afeksi dan psikomotorik
Kata kunci: implementasi pembelajaran kreatif, pembelajaran saintifik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: Dikdik Baehaqi Arif
Date Deposited: 27 Mar 2018 04:57
Last Modified: 27 Mar 2018 04:57
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/9792

Actions (login required)

View Item View Item