Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal untuk Penguatan Karakter dan Jati Diri Bangsa

Totok, Tolak (2017) Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal untuk Penguatan Karakter dan Jati Diri Bangsa. In: Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 11 November 2017, Yogyakarta, Indonesia.

[thumbnail of 400-408 Tolak Toto.pdf] Text
400-408 Tolak Toto.pdf

Download (138kB)

Abstract

Dewasa ini, persoalan karakter bangsa menjadi salah satu preoritas yang harus ditanamkan pada generasi muda di setiap lem-baga pendidikan. Sebab, lembaga pendidikan memiliki peranan yang segnifikan dalam membekali peserta didik menjadi generasi yang memiliki karakter dan jati diri kuat. Pendidikan menjadi suatu tranformasi budaya dengan demikian sudah selayaknya pendidikan menjadi sentral utama dalam mempertahankan nilai-nilai kehidupan yang ideal serta mengembangkan kebudayaan yang menjadi diri dan identitas bangsa. Di era globalisasi, karakter menjadi fokus perhatian seiring akulturasi budaya antarnegara. Karakter-karakter asli daerah menjadi alat yang tepat dalam menanamkan nilai-nilai kearifan lokal pada generasi penerus bangsa. Nilai-nilai kearifan lokal perlu direvitalisasi kembali untuk mengaktualisasikan identitas bangsa dengan nilai-nilai sosial budaya. Sesuai Permen nomor 22 tahun 2006, Pendidikan kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pem-bentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajiban untuk menjadi warga negara Indo-nesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter sesuai yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Batasan tersebut, menun-jukkan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan merupakan proses pendidikan, bukan hanya pengajaran atau pengalihan penge-tahuan, melainkan mencakup pula tentang sikap untuk membentuk watak dan kepribadian. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih mendalam mengenai penguatan karakter dan jati diri bangsa melalui pembelajaran PKn berbasis kearifan lokal. Metode penulisan yang digunakan dalam penyusunan karya tulis ini, yaitu kepustakaan atau library research. Dengan pendidikan nilai berbasis kearifan lokal diharapkan pembelajaran PKn mampu menanamkan karak-ter kecintaan terhadap kearifan lokal dalam diri peserta didik.
Kata Kunci: Pembelajaran, PKn, Kearifan Lokal, Karakter, Jatidiri Bangsa

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: Dikdik Baehaqi Arif
Date Deposited: 02 Apr 2018 01:14
Last Modified: 02 Apr 2018 01:14
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/9932

Actions (login required)

View Item View Item