Ariyanti, Rini and Suparwoto, S and Muchlas, M (2014) Pengaruh Implementasi Virtual Lab Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Listrik Dinamis. In: Pertemuan Ilmiah XXVIII HFI Jateng & DIY, Yogyakarta, 26 April 2014, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Preview |
Text
2014-muchlas-PROC-HFI-pengaruh-implementasi-virtual-lab.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh implementasi pembelajaran Virtual Lab terhadap
pemahaman konsep fisika; dan 2) kontribusi pretest, kemampuan mekanis, tata hitung, dan pandang ruang terhadap
pemahaman konsep fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent
control-group design. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis kovariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemahaman konsep listrik dinamis siswa
yang diajar menggunakan media Virtual Lab lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dengan
peningkatan skor dari 51,613 ke 69,758; 2) besarnya kontribusi efektif untuk pretest 13,46 %, kemampuan mekanis 3,06
%, kemampuan tata hitung 1,04 %, dan kemampuan pandang ruang 0,24 %.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S2-Masters in Physics Education (S2-Pendidikan Fisika) |
Depositing User: | Dr. Muchlas , M.T. |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 02:28 |
Last Modified: | 08 Sep 2017 02:28 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/7163 |
Actions (login required)
View Item |