AZIZAH, PUTRI NAVIDATUL (2023) Pengembangan E-LKPD Pada Materi Resonansi Bunyi dengan Video Animasi untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1600007037_JUDUL__230811102552.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1600007037_BAB_I__230811102552.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1600007037_BAB_II__230811102552.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1600007037_BAB_III__230811102552.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1600007037_BAB_IV__230811102552.pdf Restricted to Registered users only Download (817kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1600007037_BAB_V__230811102552.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600007037_DAFTAR_PUSTAKA__230811102552.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1600007037_LAMPIRAN__230811102552.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan yang
dapat membantu memfasilitasi proses pembelajaran bagi siswa. Seiring dengan
perkembangan teknologi, media pembelajaran juga terus berkembang, dan salah datu
teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam pengembangan media pembelajaran. Media
pembelajaran berbasis digital dengan memuat materi Fisika terutama Resonansi masih
jarang ditemui. Penelitian ini bertujuan untuk membantu peserta didik dalam memperoleh
informasi secara digital sehingga membantu dalam proses pembelajaran yang efektif dan
kreatif.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan
model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and
Evaluation). Pengembangan media pembelajaran berupa Lembar Kerja yang
dikembangkan memuat materi mengenai Resonansi yang meliputi pemahaman konsep,
video animasi, gambar interaktif dan latihan soal.
Media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini menunjukkan bahawa
Lembar Kerja Peserta Didik dinilai baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran
untuk siswa kelas VIII. Berdasarkan angket hasil validasi yang dilakukan dapat
disimpulkan bahawa media pembelajaran yang dikembangkan dinilai layak berdasarkan
presentasi kelayakan materi sebesar 88,46%, presentase kelayakan media sebesar 71,11%
dan respon guru sebesar 90,00%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | E-LKPD, Resonansi, Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 01:23 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 01:23 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/80057 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |