Program pendampingan Litrasi Numerasi, Adaptasi Teknologi, Admisnistrasi di SD Negeri Cipajang 02 Periode 94 Divisi I.A.3. Tahun 2021/2022

Widya Pangestika, Nelvi (2022) Program pendampingan Litrasi Numerasi, Adaptasi Teknologi, Admisnistrasi di SD Negeri Cipajang 02 Periode 94 Divisi I.A.3. Tahun 2021/2022. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_94.I.A.3.REGULER 94.pdf] Text
JUDUL_94.I.A.3.REGULER 94.pdf

Download (606kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_I.A.3.REGULER 94.pdf] Text
ISI LAPORAN_I.A.3.REGULER 94.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Kampus Mengajar adalah salah satu program yang terdapat di dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Menteri pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim menjelaskan tujuan diselenggarakanya Program Kampus Mengajar adalah yang pertama, untuk mengajak mahasiswa sebagai pelopor kegiatan litrasi dan numerasi. Kedua, membantu adaptasi teknologi. Ketiga, membantu administrasi sekolah dan guru. Kegiatan ini dilaksanakan khususnya di daerah 3T. Penyelenggaraan program ini tentunya atas dukungan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan kemajuan teknologi yang berkembang pesat untuk itu kompetensi mahasiswa harus disiapkan agar sesuai dengan kebutuhan zaman. Dengan adanya Program Kmapus Mengajar ini diharapkan dapat memecahkan beberapa permasalahan utama yang dihadapi oleh guru dan siswa terutama dalam permasalahan sarana pendidikan dan metode pembelajaran. Dalam hal ini mahasiswa bertugas untuk berinovasi, berkreasi, serta berkolaborasi dengan para guru untuk mengoptimalisasikan pembelajaran di masa pandemi.
Kegiatan Program Kampus Mengajar ini dilaksanakan di SD Negeri Cipajang 02 Brebes, Jawa Tengah sebagai sekolah sasaran dari Kampus Mengajar. Periode kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 Januari 2022 – 28 Juni 2022. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu kegiatan litrasi dan numerasi, adaptasi teknologi, dan membantu administrasi sekolah. Tujuan dari keikutsertaan mahasiswa dalam Program Kampus Mengajar ini merupakan sebuah proses dalam menambah pengalaman, pengetahuan, karakter, soft skills mahasiswa, mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi siswa untuk berpartisipasi dalam pembangunan, serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan pendidikan di Indonesia.
Kata Kunci : Kampus Mengajar, Litrasi dan Numerasi, Adaptasi teknologi, Administrasi sekolah.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: Nelvi Widya pangestika
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:49
Last Modified: 02 Aug 2022 04:49
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/36013

Actions (login required)

View Item View Item