ANALISIS MUTU DAN JENIS KONTAMINASI PADA PROSES PRODUKSI NATA DE COCO CV AGRINDO SUPRAFOOD BANTUL, DIY

Rasyada, Raisa Amrina (2023) ANALISIS MUTU DAN JENIS KONTAMINASI PADA PROSES PRODUKSI NATA DE COCO CV AGRINDO SUPRAFOOD BANTUL, DIY. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of KP_2000033045_JUDUL.pdf] Text
KP_2000033045_JUDUL.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of KP_2000033045_ISI_LAPORAN.pdf] Text
KP_2000033045_ISI_LAPORAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan sanitasi berhubungan dengan beberapa aspek salah satunya yaitu kontaminasi. Kontaminasi merupakan cemaran benda asing yang tidak dikehendaki kehadirannya. Terdapat berbagai potensi cemaran yang dapat terjadi pada proses produksi pangan, salah satunya nata de coco. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, checklist kontaminasi. Diagram pareto digunakan untuk mengetahui kontaminasi yang paling tinggi dan harus segera diatasi kemudian dilakukan analisis jenis kontaminasinya. Dilakukan pengisian checksheet CPPOB merujuk kepada Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia No. 75/M-IND/PER/7/2010 kemudian ditelusuri faktor terjadinya kontaminasi menggunakan diagram fishbone. Berdasarkan hasil analisis, terdapat 11 (sebelas) kali kejadian kontaminasi dengan kontaminasi hitam paling tinggi. Jenis kontaminasi yang terjadi berupa kapang khamir dari divisi fermentasi serta kontaminasi fisik berupa kotoran dari proses produksi dan lingkungan sekitar produksi. Nilai kesesuaian CPPOB yaitu 77.0% dengan faktor terjadinya kontaminasi yaitu sanitasi alat dan lingkungan produksi, kesadaran karyawan, kurang fasilitas memadai serta bahan baku dan produk antara tercemar. Perlu peningkatan fasilitas serta pengawasan mulai dari penerimaan bahan baku hingga produk didistribusikan.

Item Type: Laporan KP
Keyword: Nata de Coco, Kontaminasi, CPPOB, Quality Control
Subjects: Q Science > QR Microbiology
S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Raisa Amrina Rasyada
Date Deposited: 29 Sep 2023 01:08
Last Modified: 29 Sep 2023 01:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/50488

Actions (login required)

View Item View Item