Pengaruh kepemimpinan manajerial kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap mutu sekolah dasar di Kapanewon Prambanan Sleman

Nugroho, Eko Priyo Agus (2024) Pengaruh kepemimpinan manajerial kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap mutu sekolah dasar di Kapanewon Prambanan Sleman. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2207046030_JUDUL__240405015812.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2207046030_BAB_I__240405015812.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2207046030_BAB_II__240405015812.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2207046030_BAB_III__240405015812.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2207046030_BAB_IV__240405015812.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2207046030_BAB_V__240405015812.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2207046030_DAFTAR_PUSTAKA__240405015812.pdf

Download (178kB)

Abstract

Peningkatan mutu sekolah merupakan prasyarat penting dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan bangsa Indonesia. Hal tersebut diyakini dapat memberikan efek baik atas meningkatnya SDM secara keseluruhan. Manajemen mutu sekolah, yang mencakup kepemimpinan manajerial dan budaya sekolah, menjadi kunci dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan sekolah. Budaya sekolah yang efektif, pemerintah yang mendukung, cara kepemimpinan kepala yang baik, performa guru yang tinggi, kurikulum yang sesuai, alumni yang bermutu tinggi, dukungan masyarakat, serta pendidikan karakter adalah beberapa faktor penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Selain itu, pengendalian kualitas merupakan elemen utama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Tulisan ini memiliki maksud guna menguji dampak kepemimpinan manajerial kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap mutu sekolah dasar di Kapanewon Prambanan Sleman.
Studi termasuk dalam penelitian jenis kuantitatif. Populasi berjumlah 324 guru dan sampel yang digunakan adalah guru dari 29 sekolah dasar di kapanewon Prambanan Sleman yang berjumlah 179 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yangtelah teruji valid serta reliabel. Aplikasi SmartPLS Versi 4 digunakan untuk menganalisis data dengan koefisien statistiknya 1,96 ke atas serta p-value tidak lebih dari 0,005.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Kepemimpinan Manajerial Kepala berpengaruh signifikan atas kualitas sekolah dengan nilai 0,000 (P Value < 0,005). Kedua, budaya sekolah memiiki pengaruh yang signifikan atas mutu sekolah sebesar 0,000 (P Value < 0,005). Selain itu, hipotesis yang diuji secara simultan terhadap variabel-variabel dan di evaluasi menggunakan R-square adjusted menghasilkan nilai 0,768 yang memiliki makna kepemimpinan manajerial kepala serta budaya sekolah mempengaruhi mutu sekolah dengan stimultan sebesar 76,8 % termasuk dalam kategori substansial kuat. Temuan ini mempunyai implikasi penting bagi Kepala sekolah dan Guru terhadap peningkatan mutu sekolah karena peningkatan kapasitas manajerial Kepala Sekolah serta budaya sekolah akan berdampak positif bagi mutu sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: budaya sekolah, kepemimpinan manajerial kepala sekolah, mutu sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan
Depositing User: dian yunihasti
Date Deposited: 20 Apr 2024 02:55
Last Modified: 20 Apr 2024 02:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61843

Actions (login required)

View Item View Item